where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Brownies ala Bunda Inong Dapurbunda

kueh paporitku yang coklat2 khususon brownis. Naaaahhh… dari semua resep brownis yang pernah aku tau aku sukanya resep brownis kukus bunda inong. Enak, lembut, nyoklat. Waktu kuliah dulu pas taon 2006 aku sempet jualan ini di sekretariat masjid kampus universitas lambung mangkurat banjarmasin.. Laku looh.hehe…joinan ama temenku tapi keburu tutup bakery nya coz aku waktu itu udah mau lulus en mau hijrah ke bandung. Resepnya aku contek pooollll gak ada modipikasi modipikasian. Aku bikinnya setengah resep aja tiap satu loyang ukuran sedang ituh. Resepnya di bawah ini yak. Mau bikin setengah dulu tinggal bagi 2 ajah…super gampang gak perlu mikser2an secara aku gak punya mikser. Wekekek…

Brownis Kukus ala Bunda Inong
( semoga semua amalnya diterima Allah SWT n dosa2nya di ampuni amin..)

A.
8 butir telur
400 gr gula pasir
½ sdt garam
½ sdt vanili

B. ( ayak )
200 gr terigu
1 sdm baking powder
60 gr coklat bubuk

300 ml minyak goreng

Meises ± 50 gr

Cara membuat :
• aduk bahan A sampai larut (kalo pake setengah resep di aduk pake sendok 5 mnit aja dah larut)
• masukan bahan B dikit2 sambil diaduk rata
• masukan minyak goreng aduk rata
• tuang setengah bagian adonan dalam loyang yang udah di oles margarine tipis2 n dialasin kertas roti ( aku nggak dialasin hehe..)
• kukus dalam dandang yang udah mendidih (jangan lupa tutupnya di lapisin serbet) 15 menit
• Taburi meses, tuang sisa adonan. Kukus lagi 20 mnit

punyaku setengah resep segini jadinyah. lumayaaaannn...


jelek yak punyaku gambarnyah. tenang ajah itu hanya sekedar ketidakmahiranku dalam fotografi, soal rasa sih gak ngaruh, hehe ngeles.com. kalo mau liat yang ciamik plus poto2 step2 komplit membuat browkus ini silaken berkunjung ke sinih

Naaaaahhh…berhubung adanya tuntutan akan rasa brownis yang lebih nonjok coklatnyah maka daku browsing2 lagih. Ketemulah resep yang aslinya di panggang inih. Nekat aja ta kukus. Hasilnyaaaaaaaa…. Manteb slamet sujatmiko. Enyaaaaaaakkkkk…. Dan lagi2 resep inih dari hasil nyontek bunda inong. Xexexe… gapapa ya bun semoga tambah lapang kuburnya en berkah ilmunya amiinn..

sama juga ni resep aku contek abiss..gampang juga tinggal aduk2..

Brownis Panggang Bunda Inong
    *tapi sama aku di kukus*

A.
4 telur
1,5 cup gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt vanili ( aku ga pake)

B.
1,5 cup terigu
3/4 cup coklat bubuk

1 cup minyak goreng
taburan : kacang2an, keju kismis dlsb

Cara :
* aduk bahan A sampe larut
* masukkan sdikit dmi sedikit bahan B sambil asuk rata
* masukkan minyak aduk rata
* masukkan dalam loyang yang dioles minyak goreng. tabur dengan bahan taburan ( aq gak pak)
* kukus dalam panci mendidih 30 menit
* atau dipanggang seperti versi aslinya

punyaku jadinya gini nih..


enyak banget loh. kalo yang seblumnyah teksturnya lembut lebih membolu. kalo yang inih lebih padet n berasaaaa banget brownisnyah...the real browkus deh..

resep asli disini yak..

0 Response to "Brownies ala Bunda Inong Dapurbunda"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)