where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Perjalananku Bersama CAPCAY

CapcaY Deeehh, hehehe...

Salah satu makanan paporitku nih. Sbnernya mpe skarang juga aq ga tau wujud sejati capcay tu gimana. Soalnya banyak versi sih. Awalnya suka liat tulisannya di spanduk warung2 tenda pas kita sekeluarga jalan2. aku Tanya apaan si capcay. Kata bapakku capcay itu makanan pake ati ampela, ntar cobain deh, katanya yang tak pernah terwujud mpe sekarang wkwkwk…

Lama2 terlupakan trus kalo ga salah pas aq SMP teteh q masak sesuatu yang katanya capcay. Q liat isinya osengan wortel, kembang kol, trus apa lagi lupa. Di kentelin pake tepung kanji n rasanya pake merica. Saat itu makanan beraroma merica masih asing dilidah kami khususnya dilidahku. Gak biasa masak oseng2 ato marinated ikan pake merica. Merica untuk masakan tertentu aja n jumlahnya juga gak banyak. Makanya capcay buatan teteh q terasa aneh dilidahku. Oia pada saat itu yang namanya kembang kol juga belum umum. Kayaknya orang2 tertentu aja yang tau buat dimasak apa tu kembang kol, apalagi harganya pada saat itu termasuk mahal, n ampe sekarang juga mahal, wkwkwk…

Pas kuliah baru aq nyicipin capcay ala warung tenda. Waktu itu pas ada temen yang ultah. Anak2 do kos pada di Tanya pengen makan apa. Pilihan menunya standar yang ada di warung tenda malam2. migor, nasgor, mi kuah, capcay. Langsung aja aq minta capcay mumpung gratis,hehehe…pas pesenan dateng olala… ini toh yang namanya capcay. Wortel,kol, kacang panjang, seingetku si gak pake kembang kol, ada irisan tomat gede2. jenis capcay goreng dengan kuah saos tomat. Not too good, kalo ga salah waktu itu taon 2005 harganya 3rb.

Baru aq tau capcay wenak stelah ini di salah satu warung yang mirip rumah makan. Harganya menurutku saat itu lumayan mahal,4rb. Disini migornya juga wenaaaaaaaakk. Naaaa… pas aq ke bandung taun 2007 capcaynya beda lagih. Sayurnya standar, bumbu bawang putih n pake saos tomat yang banyak, uniknya pake kocokan telor. Jadi osengan yang udah jadi di ceplokin tlor mentah trus diaduk mpe mateng. Enak siy tapi aq kurang suka coz jadinya amis. Yang beda tu capcay dideket asrama. Si ibu ini trmasuk baru jualannya. Bdanya dia ga pake telor kocok, capcaynya dipakein bakso ikan n bumbunya dia bawa dari rumah udah diracik. Bentuknya putih kntal. Kayaknya campuran bawang putih n kamiri. Aq pernah nanya tu apaan, si ibu Cuma jawab singkat : bumbu, hehe… di si ibu ini harga capcaynya lebih mahal yaitu 6 rb. Di tempat lain 5rb.

Sekarang pas aq udah merid aq sukanya pake capcay resep bunda inong. Yang pake ati ampela n saos tiram buat kuahnya. Dulu awal2 suka juga pake saos tomat tapi serba salah. Mau pake yang bermerek aq ga suka bau cengkehnya. Mau pake yang murahan yang 3rb sebungkus takut tu bahannya sembarangan. Ada ga yah saos tomat berkualitas tapi ga bau cengkeh??

kalo di warung2 sini dulu aq suka beli capcay 15 rb. jarang2 maem ini soale harganya mahal. di tempat lain siy harganya 10 ribuan. anehnya disini ada capcay yang dicampurin telor mata sapi. hmmm menurutku si ga mecing aja. mecingnya tlor rebus. nah capcay 15 rb ini porsinya buanyak cukup buat bdua. kuahnya light aja manis2 gurih. q liat bumbunya juga bawang putih aja en masako rasa sapi. isinya selain sayuran standar di tambahin sepasang ati ampela goreng yang dah dipotong2, sbatang sosis, 3 biji bakso segede kelereng en sebiji tlor rbus. mantaaaappp. tapi ada insiden yang bikin aq ga mau beli lagi. gara2nya pas terakhir aq beli, wortelnya masih kotor ga dikupas bersih gitu en kembang kolnya yang udah item2, hikz...

Hehehe… itulah petualanganku dengan capcay…

0 Response to "Perjalananku Bersama CAPCAY"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)