where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

KUKIS LEBARAN 4 : Sagu Keju


Setelah lebaran haji taon lalu jualan kuker ini. Taun ini juga diniatin bikin tapi bukan buat jualan. Buat mertuaku ajah. Secara udah 3 taon merid hampir2 kalo kesana kaga perna bawa oleh2 *iddiiih yey menantu dan anak apaaaann*. Kali ini rencananya pake resep yang dulu jugak secara udah sreg *resep ciptaanku looh, hasil modip lagi,xixixi).

Tapi karena juga pengen bikin lidah kucing putih telur akhirnya aku eksprimen lagi sagu kejunya pake kuningnya ajah. Apa yang terjadi sodara sodaraaaaa….. ternyata lebih maknyuuuussss… crunchy abiiissss en ga ada aroma2 apaaa gt yang mengganggu indera penciumankuh. Hmmm berarti selama inih putih telor yah yang jadi biang keroknyah. Awas kau putih teluuurrr… bersiaplah kujadikan lidah kucing, ciyaaattttt…

Oia ni resep jumbo yak, secara aq emang mau bikin banyak…

Sagu Keju A la Tehninit

Alat2 :
Oven
Mixer
Gelas/cup vol 200ml
Plastic segitiga n spuit sesue selera

Bahan2 :
A:
400 gr margarine ~ q pake margarita
1 ¾ gula pasir halus
B:
2 butir kuning telor
1 kotak (200 ml ) santan instant~misalnya merk kara
700 gr tepung tapioka,sangrai bersama 1 lembar pandan sampai pandannya kering
1 blok (180gr) keju parut ~ aku pake prochiz

CARA MEMBUAT :l
• kocok A sampai pucat n sedikit mengembang (jgn mengembang banget ni buat ngancurin gulanya ajah)
• masukkan kuning telor, kocok rata
• masukkan santan, kocok rata
• masukkan keju, kocok rata. Matikan mixer
• masukkan tapioca sedikit demi sedikit sambil aduk rata
• spuit di loyang, oven sampe mateng dengan api sedang cenderung kecil.

Note :
*Mulanya aq pake tepungnya kurleb 750 gr tapi agak susah di spuit, santan ga punya lagi. Jadi q tambahin sekitar 5 sdm susu kntal manis n aduk rata. Alhamdulillah baik2 sajah..
*kalo ga punya plastik segitiga, tambahin aja tepungnya sampe jadi 750-800gr (kr2 bisa dipulung tapi masi aga lengket di tangan). Trus sendokin deh di loyang. Aq pernah juga kok..
*menurutku baiknya manggangnya ampe coklat bawahnya karena aroma aga gosong keju n tapioca memberikan aroma khas, sedep gt..
*beri jarak cukup yak karena adonannya akan rodo mbleber..
*have a nice try :D

0 Response to "KUKIS LEBARAN 4 : Sagu Keju"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)