where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cake Kukus Karamel * Bolu Sakura*

Bolu Sakura ~ Udah masuk bulan puasa niih… pasti yang udah emak2 dikampungnya pada dapet jadwal giliran nyediain menu buka puasa di masjid atau mushola kampong yaa… biasanya kan pada bingung tuh. Palagi tanggal tua begini (tanggal muda tapi masih tua bagiku :p). Maunya kan yang hemat hasil banyak, xixixi…

Kayak pengalaman aku nih, saya kepikiran bikin Bolu Sakura atau Cake Karamel Kukus. Dulu pernah bikin enak. Pas kemaren coba lagi pake resep beda lagi hasilnya enak bangeeeettttt… sampe Sulthan aja doyan minta terus-terusan. Padahal kuenya kan mau dikasih ke masjid tapi dipotong2 terus buat anakku sayang, hihihi… oke deh ini resepnya aku dapat dari blognya mbak Rina Rinso (nuhun pisan teh..). Cuma aku tambahi susu kental manis, menghilangkan soda kue,dan mengganti margarin dengan minyak goreng. here we goo…

Cake Kukus Karamel * Bolu Sakura *
Femina 39/XXVIII Oktober 2000

Bahan :
½ kg gula pasir
½ L ml air matang
4 telur ayam
200 ml minyak goreng
3 sdm susu kental manis putih/coklat

Ayak :
½ kg terigu
1 sdm baking powder


Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolu sakura, semir dengan mentega hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan. Atau kalau mau gampang oles aja dengan pengoles loyang (carlo atau palmia) lebih praktis dan mudah serta cepat. (me : pake loyang kotak ajah biar cefat)

2. Karamel : Masak 250 gr gula pasir hingga jadi karamel. Pake api kecil aja biarin sampe semua mencair,kalo gulanya tinggal dikit bisa di aduk2 pake sendok kayu.kalo dah rata biarkan lg skitar 1 menit supaya bener2 jadi caramel. Trus Tuang air pelan2, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Beri susu kental manis, aduk rata.Sisihkan.

3. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata. Saat ini adonan akan encer banget tapi gak perlu khawatir.

4. Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan minyak pelan2 sambil diaduk perlahan hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.(20 menit ngukusnya kalo pake loyang)

Hasil: bisa untuk lebih dari 50 buah Bolu Sakura atau 2 loyang Cake Karamel Kukus

Noted :
1. Aku pake loyang kotak 18x18x7 jadi bisa untuk 2 loyang.
2. Jangan lupa kalo pake loyang, loyangnya juga di oles dulu pake minyak trus taburi sedikit terigu.
3. Jangan lupa tutup dandang dilapisin serbet en apinya sedang aja jangan gede ntar jadinya bergelombang gak mulus.
4. Rasanya enaaak banget. Gak eneg. Lembut gurih membelai gigi,hehe..

Maaf, cuma ini foto yang sempat diabadikan.. Tenang, dalam hal ini tampilan tidak mewakili rasa :D

0 Response to "Cake Kukus Karamel * Bolu Sakura*"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)