where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Barongko


kapan hari tuh dapet pisang kepok sesisir dari tetangga. pisangnya sedang aja gak gede2 amad. tadinya mau q bikin bolkus pisang kayak tempo hari. tapiiiii... gimana nih kan lg bulan tua lg pengiritan, wkwkwkwkwk... alhamdulillah keinget resep ini. dulu aq lumayan sering bikin. baru inget kalo dah berbulan2 gak bikin ini.

sebenernya ini ga bisa dikatakan barongko asli yah. da aslinya kan di bungkus daun. naaahhhh malangnya eh beruntung jg sih aq baru tau yang namanya barongko bener2 barongko tuh pas di acara kawinannya orang sulawesi *muara badak di dominasi ma orang sulawesi dengan berbagai suku*. subnanallah.. aq heran sekalian jengkel campur seneng juga, lha anakku yang selama ini gak doyan barongko buatanQ eh doyan abis ma oroginal barongko itu. mpe abis 2 bungkus kalo g salah waktu itu. trus pas ke pasar ada juga barongko aq beli harganya 2500. n rasanya persis kayak yang di kawinan itu.

nah, dari situ aq menyimpulkan kalo barongko asli tuh kayak gitu...bentuknya kayak puding, gurih santan, manis n lembutnya pisang berpadu ma harumnya daun pisang. aduuuhhh gak nahan deh. wenak bangeeeetttt...lha kalo yng q buat ini apa dong? ya barongko juga, wkwkwkwk... yang jelas barongko versi loyang ini juga wenaaaaaakkk. bener2 pas ama yang maniak pisang kayak aq.

aq berterima kasih buannyaaakkk ma Almh Bunda Inong yang udah bagi2 resep versi mudah n tetep yahud di blognya. whataver it's said, sing penting yammmiiiii...
oia resep bunda inong ini udah q sesuaikan dengan kondisiku yak.. kalo mo liat aslinya silahkan mampir ke blog Dapurbunda

Barongko

10 buah pisang kepok mateng, remas2 pake tangan. boleh di blender mpe alus banget, tapi aq suka masih aga kasar.
100 ml susu (dari 1 sachet susu dancow putih dicairkan mpe jadi 100ml)-->aslinya pake santan, klo mo lbh sehat pake aja susu kedelai.

A:
1 telor
3 sdm gula pasir
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam

Cara :
- Panaskan Dandang
- Olesi loyang 10 X 22 X 7 dengan minyak goreng
- Campur A dlam baskom n kocok pake garpu ampe gula larut
- masukkan susu sambil terus dikocok
- terakhir masukkan pisang halus aduk rata
- masukkan dalam loyang
- kukus di dandang yang udah mendidih selama 30 menit
- dinginkan dulu beserta loyangnya (ato masukin kulkas) baru potong. kalo panas2 langsung maen potong bakalan ancurrrr... karna dia belom set.

Note :
- kadang dalam adonan ini aq tambah 2 sdm tepung beras maksudnya biar rapi kalo pas dipotong, walopun gak trlalu ngaruh jg sih,wkkkk
- pas kemaren bikin isng q tambahkan soda kue. mau tau aja apa hasilnya jadi lebih ngembang ato gimana. ternyataaaa... gak ngaruh apapun at all, wkwkwkk... yo wis mending kembali ke resep asli ajah yah, dah gampang itu enak pulak..
- dimakan dingin2 plus kopi mix enak bangeeettt...

0 Response to "Barongko"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)