where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cake Kukus Zebra Moka

sebenernya ini adalah hasil modifikasi dari Bolkus Santan postingan lalu. bolkus sntan kan ga pake emulsifier n menurutku hasilnya sempurna. moist, gurih n gak amburadul pas dipotong walopun dibuat tanpa minyak/margarin. terus ceritanya aq pengen komplit gitu jadi teh pake emulsifier koepoe2 (dah ada cap hahalnya)n karena dirumah lagi ada susu kedelai maka santan juga q ganti pake susu itu. awalnya aq takjup karena belom semenit ngocok adonan dah langsung putih mngental. tapiii pas udah jadi. aq kaget bukan kepalang karena kuenya bau khas gak enak. baru ngeh kalo aq salah pake pengembang.maksudnya mau pake baking powder malah soda kue yang masuk, belom lg kuenya kurang manis. tekstur kue juga terlalu ringan n jadinya kayak makan kapas.hwaaaaa..apa salahkuuuuuwww...



sisa2 potongan bolkus


aq curiga kuenya kurang manis gara2 gula pasirnya pake yang warna agak kecoklatan.kalo dulu kan pake yang warna putih.pas udah lewat sehari sih bau khasnya ilang n manisnya jg lebih kerasa.trus aq kepikiran buat lagi dengan mengurangi pemakaian soda kue, emulfifier dan menambahkan minyak goreng dan gula pasir.alhamdulillah rasanya lebih enaaaaakkkk....manisnya pas n tetep ringan, lembut gak bikin enek. bau soda kue yang menjengkelkan juga gak ada. tapi teteup ada jeleknya.pas mateng kuenya terbelah 4 gak simetris. retak gitu, susah payah aq motong2 supaya rapi. banyak juga ancurannya.hwaaaa..gak papa deh yang penting nemu resep baru. hikzzz...

ini resepnyaaa...

A: 2 telor
1 cup gula pasir
1/2 sdt vanili kristal
1/4 sdt garam
1/2 sdt SP

B: ayak
3 cup terigu
1 sdt baking powder ato 1/2 sdt soda kue

200ml susu kedelai (susu biasa yang tawar ato santan klo mo lebih gurih)
pasta sesuai selera (misal pandan or moka)
100ml minyak goreng

cara :
kocok A sampai putih mengmbang (berjejak).
masukkan B sedikit2 bergantian dngan santan (mixer speed terendah), terakhir masukkan minyak goreng kocok rata.
bagi 2 ato 3 adonan. setiap bagian di beri pasta ssuai selera.tuang selang seling di loyang yang sudah di oles margarin.kukus di dandang yang sebelumnya sudah dididihkan terlebih dahulu dengan api sedang selama 30 menit
Note : cup tu kelas dengan ukuran 200ml

0 Response to "Cake Kukus Zebra Moka"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)