where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolu Tahu (penghibur Bolu Air yang Gatot)

Di Grup Muslimah Belajar Masak beberapa hari lalu lagi heboh bolu air. Bolu super irit n banyak banget penggunaan airnya. Bolu ini mengandalkan emulsifier sbg pngembang. Langsung aja ni resepnya yang q kopi dari MBM, diposting oleh ummu Jundi :

Bahan:
‎1 gelas air
1 gelas gulpas
2 gelas terigu
1 sdm sp
1 btr telur
vanili
tepung dan vanili diayak sisihkan
Cara membuat:
kocok telur,gula,air,sp sampe ngembang dan masukkn terigu sedikit demi sedikit
Oven sampe matang.

Q ikuti semuanya plek2. waktu ngocok adonan air sih bagus pas kaku mengembang sampe dimasukin tepung. Trus karena pengalaman temen2 yang katanya bolunya ancur lebur karena terlalu lembut jadi q cetak pake cupcake aja sebagai antisipasi. Q cetak ampe penuh dengan harapan ntar pas jadi tu kue munjung gembul2. apa dayaaaaa.... pas udah 20 menit aq intip shockk!!! Tu kue amblessss sampe tinggal seperempatnya... *membenturkan kepala ke tembok*.. sungguh kegagalan yang mengerikan.


kayak koin.. T_T..

Dengan pilu aq keluarin tu kue satu persatu dari kertas cupnya, haaa bentuknya percis kayak koin hikzz... trus q liat kertas cupnya garing dengan masih ada sisa2 adonan bolu yang nempel, jadi pengen makan kertasnya kayaknya kriuk2, xixixixi... Tadinya aq mau bikin lagi karena penasaran tapi... ah sudah dulu ah, mendingan  menenangkan pikiran dulu. Ntar baking lagi dengan esmosi malah tambah gagal.

adonan kue menyatu dengan kertas


Akhirnya hari ini q putuskan baking lagi dengan resepku biasanya si dua telor. Tapi salah satu telornya aq ganti dengan sepotong tahu. Yeaaahhh dari dulu penasaran sama cake tahu tapi ga ada kebernian buat mencobanya. Kalo kata mbak endang JTT percobaan dia akan cake coklat tahu sih katanya makin lama makin dry kuenya tapi tadi aq coba alhamdulillah...malah makin moist didiamkan. Ni kue dari awal adonan dia jujur gak nipu. Dari awal dia sebagai adonan dah oke, sampe jadi bentuknya meyakinkan sampe dipotong rapi gak berantakan n dimakan pun lezat menggiurkan, apaan seeehh, wkwkwkwk... ah pokoknya alhamdulillah kali ni berhasil. Berati percobaanku ni gak jauh2 dari pengembangan resepku yang itu2 aja. Yang cikal bakalnya dari bolkus pelanginya bunda Inong. Thx bun... semoga jadi amal jariyah buatmu...




Bolu Tahu

Blender Halus:
1 telor
1 tahu dah direbus (4x4x4)
1 sachet susu kental manis putih (3sdm)
¾ cup gula
¾ cup air
½ cup minyak
½ sdt vanili
½ sdt garam
1 sdt SP

Ayak masukkan dalam baskom yang berisi: 2 cup terigu + ½ sdt soda kue (baking powder)

Cara.
• panaskan oven, poles loyang 22 x 10 x 7 dengan minyak n taburi terigu
• blender bahan sampe kental n memutih n gulanya larut. Kurleb 5 menitan blendernya.
• Masukkan adonan blender dalm baskom terigu aduk rata. Masukkan dalam loyang. Oven 30 menit (tes tusuk ya)

0 Response to "Bolu Tahu (penghibur Bolu Air yang Gatot)"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)