where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Mayonaise ala MBM


By Berthy Fajriani.

Di grup MBM lagi demam mayones bikinan mbak berthy yang gampang abis. Bikinnya pake sendok aja. Banyak juga yang gagal berkali2. aq nyimak bener2 n tadi nyoba alhamdulillah langsung jadi. Kental kaya bubur sumsum.

Sebenernya aq iseng aja bikin secara gak punya kepentingan apapun sama yang namanya mayo, hehehe…pas masi setengah jadi ta cicip mayonya rasa minyak goreng jalantah, wakakakakak… tapi pas udah jadi, air n jeruk nipis masuk baunya ilang. Rasanya plain n gurih. Alhamdulillah jadi.

Tapiii trus buat apaa? Secara gak tega juga aq makan ni kan dari telor mentah, pokoke aq ga mudeng sama segala hal yang punya hubungan dengan mayo. Baik itu risoles mayo, gorengan saos mayo. Ataupun ehem ehem mayo lainnya…karena aq pernah baca rahasia cake moist yaitu dengan menambahkan mayo. Yaudah ta bikin bolu kukus dengan bahan seadanya. Pake putih telor sisa bikin mayo + 1 butir telor yang aq gagal pisahkan kuningnya waktu mau bikin mayo.

Resep Mayo
1 kuning telor
200ml migor (lbh bagus olive oil)
1 sdm air mateng
1 sdm air jeruk nipis
Tambahan bole bumbu kayak merica.

Cara:
Dalam mangkok kocok kuning telor pake garpu sampe mengembang. Cirinya kuning telor berbuih. Ngocoknya mangkoknya sambil dimerengkan ya. Ta ksh patokan ngocoknya 3 menit. Masukkan 1 sdm migor. Kocok terus sampe mengental. Kira2 2 menit.

Trus masukin lg 1 sdm. Gt terus sampe minyaknya kira2 sisa 2 sdm. Masukkan air kocok terus, masukin sisa minyak, sambil terus dikocok. Terakhir air jeruk nipis ato lemon. Kocoookkk…nanti sambil ngocok akan terlihat dia makin kental.

jarak antara ngasi migor n ngocok kr2 1 menit.
Trus fungsi air apa? Ternyata pas dikasi air simayo yang tadinya kuning berubah jadi putih,getooo…

0 Response to "Mayonaise ala MBM"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)