where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Seblak




Seblak.. cemilan iseng2nya orang sunda.seblak ni aq taunya taun 2006 waktu habis nyantri 6 bulan trus sekalian ma ortuku kita mampir di Tasik ke kampung bapakku. dari situ aq dengar sekelumit cerita tentang seblak. kalo dari ponakanku disitu kubayangkan seblak tu krupuk goreng trus disiram sama gerusan bawang,kncur, garam, penydap rasa n cabe rawit yang berlimpah. yang makannya rame2 sampe mengeluarkan air mata saking pedesnya. kata ponakanku sih seblak itu ubar lieur alias obat pusing, wkwkwk aya2 ae... tapi cerita tentang seblak cukup bikin aq tertarik.

trus setaun berlalu, aq ketemu tmn di bandung n aq cerita tentang seblak n dia langsung ngajak praktek. ternyataaaa... seblak itu kerupuk kanji yang kecil2 tu, yang biasa buat bubur ayam atau yang sejenisnya direbus. Oseng bawang putih, cabe n kencur yang dihaluskan mpe wangi, masukkan kerupuk rebusnya. beri garam, gula atau penyedap rasa sesuai selera. asyiknya dimakan rame2 n makannya harus hangat karena kalo dah dingin bakalan saling menempel kerupuknya n jadi alot.




klo yang kayak digambar setelah bumbu dioseng masukkan telur trus orak arik. klo dah mateng baru masuk kerupuknya. aq tambahkan jg sedikit kecap n sisa makaroni bekas bikin sop. kalo ada sisa baso ato sosis asik juga dimasukin. jadi seblak modern,hehe...

waktu uwakku datang ke Banjar aq cerita soal seblak. Tapi kata uwakku kalo bikin gak pake bawang putih karena bau. Iya sih kalo ku perhatikan orang Sunda asal Tasik kampung bapakku rata2 pada gak suka sama bawang putih,hihihi... so, bawangnya sesuai selera ajah. Yang penting cikur alias kencurnya itu wajib...

nah gak lama berselang di jalan Gerlong ada tukang jualan baru. Jualan seblak. Pake gerobak dorong gituh. N surprisenya yang jualan teteh2 masih muda banget. Gaya2nya sih jamaah pengajian DT juga. Langsung aja aq penasaran beli. Kalo gak salah waktu itu harganya 3rb. Seblaknya sama dengan yang aq bikin diajarin temenku tapi istimewanya setelah bumbu dioseng di kasih sebiji telur n diorak arik, baru masuk kerupuknya. Rasanya hmmm lebih enak dari yang aq bikin. Tapi ternyata itu baru yang original karena masih banyak lagi variasinya kayak seblak + bakso atopun sosis. Tentunya harganya beda juga. Aiiihhh kreatif yaa...

nah, akhirnya seblak ini nih yang aq tiru dirumah, xixixi... aq udah beberapa kali bikin waktu blm merit juga pernah bikin n ternyata bapakku doyan. Pas dah merit kalo bikin aq makan sendiri karena yakin kayaknya suamiku gak bakal doyan, wkwkwkwk...

okeeeh... selamat bikin seblak... :D

0 Response to "Seblak"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)