where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolkus Pisang Pandan : mekar gak mekar sama enaknya...

Alhamdulillah... dapat banyak pisang dari tetangga. Dapat 2 sisir yang kecil n yang sedang. Pisangnya jenis pisang awa. Itu bahasa banjarnya. Gak tau bahasa indonesianya apa. 1 sisir yang kecil ku bikin Lempeng Pisang. Yang sedang ini mau kubikin bolu pisang aja sama kayak bolu kukus pisang moka. Tapi pastanya ganti pandan karena ternyata hubby gak suka moka.
ini pisangnya..
Bikin ini sekalian mau nyoba versi aslinya yang bolkus mekar. Sekalian nyoba cetakan bolkus bonus dari panci/wajan serbaguna panacook. Karena sarangan kukusanx menurutku kurang mantep jadi aq ganti pake sarangan panci presto maxim yang lubangnya gede2. Alhamdulillah mekarrr tapi gak bisa mekar sempurna karena kepala bolunya nabrak tutup panci sampe nempel. Kasian deh si bolu. So next time harusnya pake sarangan asli aja kali ya biar bisa bebas mekar bolunya
Resepnya sama aja cuma susunya aja diganti susu kental manis yang diencerkan. Karena bikin bolkus itu ternyata ribet masukin adonan ke cupnya n pastinya lama sedangkan gas udah sekarat, akhirnya aq bikin versi mekarnya 5 biji aja sesuai dengan jumlah cetakanya. Sisanya aq cetak pake loyang tulban kecil. 

Oia pake wajan ini  lumayan cepet lo n menurutku dan hemat jg. Alx qt Cuma perlu air dikiit buat ngukus. Baru aq taro bolunya di panci, meleng bentar, pas ditengok eh atas bolunya udah pecah. Kayaknya 7 menit aja dah mateng tuh tapi karna baru pertama, takut2 jd aq paskan jadi 10 menit. Kalo yang diloyang 15 menit dah mateng. Kalo pake kukusan standar kan 30 menit. Alhamdulillah... ternyata si wajan gak bohong, hehehehe...


Bolu Kukus Pisang Pandan Mekar dan tak Mekar

Cup yang digunakan adalah gelas ber volume 200 ml

Bahan A: campur jadi satu, blender halus
6 biji pisang awa (atau 250 gr pisang bebas : ambon/kepok mateng)
50 ml skm putih
100 ml air
100 ml minyak goreng
Bahan B:
2 telor
¾ gula
1 sdt SP
½ sdt vanili
¼ sdt garam
C : diayak
2 1/2 cup terigu
1 sdt baking powder)

Tambahan : pasta sesuai selera supaya kuenya gak polos2 amat aja, aq pake pasta pandan
Cara :

  •  Panaskan dandang/kukusan
  • oles loyang dengan minyak goreng (aq pake loyang kotak 18x18x7cm)
  • kocok bahan A sampai putih kental berjejak
  • masukkan bahan B sambil selang seling dengan bahan C
  • masukkan adonan dalam loyang, sisakan beberapa sendok makan. beri pasta sesuai selera, tuang ke permukaan adonan dalam loyang. trus bentuk acak2 pake garpu ato sumpit ato lidi supaya terbentuk motif abstrak,hehehe..
  •  kukus dalam dandang yang udah mendidih selama 45 menit dengan api sedang.


Adonan mentah masuk loyang

Alhamdulillah mekar.. my first blossom steamed cake

0 Response to "Bolkus Pisang Pandan : mekar gak mekar sama enaknya..."

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)