where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Roti Ijo

Alhamdulillah bisa bikin roti lagi dan berhasil, terharu... (-_-“). Gimana gak. Bikinnya penuh perjuangan. Masa adonan udah proofing 1 jam tetep segitu bentuknya. 2 jam ngembang dikit. 3 jam dikit lagi. Haduuuhhh... karena udah jam 10.30 malam akhirnya nekat aja dioven. Menurutku sebab dari gak ngembang2nya rotiku ini adalah ragi instan yang dah hampir jelek. Ceritanya gini, dulu berapa bulan lalu (waksss!!) aq pernah pake yeast buat bikin sesuatu, sisa setengah kulipet2 bungkusnya. Kujepit pake pantat botol apa gitu lupa. Padahal aq tau seharusnya habis dilipet2 rapat diiket yang kuat pake karet gelang trus simpen dikulkas. Tapi ga tau kenapa saat itu teledor banget. Akhirnya dia lepas dari pantat botol dengan lipatan bungkus yang agak merenggang.
Setelah sekian lama absen bikin roti aq kepikiran bikin lagi. Pikiranku langsung tertuju pada roti yang dulu pernah kubikin. Pernah kuposting tapi beritanya doang ga ada gambar maupun resepnya, xixixi... awalnya sih maunya bikin donat. Tapi donat mana sih yang hemat bahan. Seenggak enggaknya tetep aja pake margarin.belom lagi minyak gorengnya. Kepikiran juga bikin donat panggang tapi dengan bahan yang kupunya. tapiii topingnya juga gak ada, mundur lagi deh. Mending ga usah bikin donat daripada jadinya donat serba kurang. Oh no!!! Mending yang pasti2 aja.
Akhirnya kuputuskan bikin roti seperti dulu. Pake resep Roti Challah dari dapur mbak Irma n cara membuat dari blog Arcawinangun. Oh...oh... benar2 perpaduan yang tepat. Roti challah yang super hemat ini berpadu dengan cara membuat yang gampang tanpa capek2 ngulen lama2. Tetep ngulen sih tapi gak sampe tenaga banget. Paling 5 menit kali buat tepung 250 gram.
Sebenernya aq udah beli yeast buat persiapan bikin roti ini tapi entah kenapa mataku terpaku pada yeast sisa jaman dulu ituw yang masih aja tergeletak tak berdaya dinampan tempat pernak pernik dapur. Iseng2 ku tes dulu masih bekerja gak dia, kalo masih akan kupake. Lumayan kan, xixixi... so kutes dengan bikin biang kayak diblog arcawinangun, ½ bungkus yeast merk haan kuberi 50ml air hangat aduk2, eh dia berbuih, pertanda masih bkerja. Trus kuberi 1 sdm terigu aduk rata. Diamkan 10-15 menit. Eh dia berbuih lagi. Horeee... bisa dipake. Dipake deh, n jadinya tragedi proofing 3 jam.. tapi gak papa yang penting rotinya memuaskan.
Bener kata mbak irma kalo roti challah yang belio daper dari recipezaar tu mengejutkan. Iya gimana gak. Bahannya gak pake telor. Pake minyak goreng juga dikit tapi menghjasilkan roti yang lembut. En aq dah membuktikannya dulu. Rasanya kayak roti2 tawar yang kayak dijual tapi bukan yang murahan lo. Yah yang kualitas menengah lah.. bikinnya pun unik. Setelah diulen sampe kalis di proofing (biarkan mengembang) 1 jam. N setiap 15 menit dalam masa itu adonan di tinju n diulen dikit. Oia, diadonanku kutambah ½ sdt soda kue. Soalnya aq gak pake tepung protein tinggi. Pake yang curah biasa. Trus pernah baca diblognya bunda inong klo ga ada tepung protein tinggi coba tepungnya dikasih baking powder. Karena BP juga gak ada yaudah pake yang ada yaitu si soda kue.
Dari sini nanti rencana ini sebagai resep dasar untuk dieksplor selanjutnya jadi roti kentang, roti ubi, roti labu kuning. Hwaaaaaaa.... banyak ternyata. Oke, here is the recipe, feel free to visit the source blog to make it clearer...
Roti Ijo (1/4 resep)
Source Roti Challah mbak Irma
Source of method Arcawinangun
Modified by Anita Umminya Sulthan
Biang:
½ bungkus yeast instan (aq pake merk haan kemasan 11 gram)
50ml air hangat
1 sdm terigu
Bahan Basah:
50ml susu kental manis putih cairkan dengan 50ml air hangat aduk rata 3 sdm gula pasir
50ml minyak goreng
½ sdt garam
¼ sdt vanili
½ sdt soda kue
1 sdt pasta pandan
Bahan Kering:
3 cup terigu biasa
Cara :
Biang tuang ragi dalam mangkok kecil ato gelas, beri air hangat, aduk rata. Beri terigu aduk rata. Diamkan 10-15 menit sampe keliatan berbuih n mengembang.
Tuang semua bahan basahdalam baskom sedang, tuang biang yang udah jadi. Aduk rata sampe gula agak larut. Tuang terigu sedikit2. Uleni sampe adonan kalis gak lengket lagi ditangan maupun dibaskom (tenang aja cuman bentar, paling 5-10 menit).
Diamkan mengembang selama 1 jam sambil ditutup serbet (bagusnya serbet basah biar adonan gak kering). Tiap 15 menit tunju dan uleni adonan sedikit.
Bentuk adonan sesuai selera(aq disusun aja diloyang biar praktis. Diamkan lagi 15 menit.
Panaskan oven dengan api sedang (aq selama 10 menit pake oven tangkring). Oven kurleb 30 menit. Kalo aq pertama 20 menit. Pas kuperiksa belom mateng. Kukecilin apinya dikit n terusin panggang 10 menit.
Note:
• Takaran cup yang aq pake adalah gelas ukur volume 200ml (beli di toko bahan kue Samarinda harganya 6rb)
• Ukuran tepung 3 cup itu diaku pas banget ya. Kalo udah diulen agak lama gak ada tanda2 akan kalis alias lembek terus boleh ditambah dikit2 tepungnya sampe kalis.
• Susu kental manis boleh dihilangkan n diganti dengan 1 sachet susu bubuk (3 sdm). Air yang dipake jumlahnya tetap ya jadinya 100ml air hangat.
• Lebih bagus kalo tepungnya pake protein tinggi. Yang emang khusus buat roti. Kalo pake tepung protein tinggi soda kuenya dihilangkan aja.

0 Response to "Roti Ijo"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)