where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Brownies Kukus Super Moist




Holaaaa.. udah 1 Januari 2015 aja. Itu artinya anak sulungku Sulthan Al Fatih genap berusia 5 tahun. Masya Allah rasanya baru kemarin di ku timang-timang. Sekarang giliran adiknya.

Ceritanya dek Syamil demam lagi dari  tadi siang. Padahal baru sembuh dari demam akibat keseleo 2 hari yang lalu. Seperti biasa ibu-ibu kalau anaknya demam pasti bergadang kan.. yup..aku juga dong, hehehe... daripada stress lebih baik terima kenyataan bahwa memang begitulah perjuangan seorang ibu. Merawat seorang anak manusia. Harapanku cuma satu, semoga jadi amal sholeh. Amiin.,

Salah satu yang membuat aku santai bergadang adalah dengan adanya smartphone di tanganku ini, xixixixi.. Tepatnya tablet. Sambil gendong Syamil aku bisa sambil edit foto, BBM an, browsing, bahkan ngeblog seperti ini. Jadi enjoy begadangnya. Lumayan lah kalau bisa selesai satu postingan. Karena kalau siang tidak mungkin. Karena anakku Sulthan sudah melek gadget. Pasti bakal rebutan. 

Oke aku akan posting lagi salah satu resep brownies kukus favorit. yang ini ku namakan Brownies Kukus Super Moist. 

Karena memang benar-benar super moist. Brownies Kukus biasa aja udah moist, lha ini super moist. Mantap kan?! Browkus ini sebenarnya merupakan modifikasi dari Steamed Moist Chocolate Cake nya mbak Endang JTT. Rasa dan teksturnya benar-benar memuaskan selera cokelatku.

Sebenarnya aku sudah coba juga resep Browkus Nyonya Liem yang sudah di recook oleh sangat banyak orang dan semuanya aku baca berkomentar positif. Tapi kok menurut aku biasa saja ya. hihihi.. Apa lidah aku yang keseleo. Maksudku bukan tidak enak lho ya.. Hanya biasa saja. Kurang memuaskan seleraku saja. Ya itulah namanya selera kan subyektif. Oleh karena itu akhirnya aku eksperimen sendiri resep yang cocok.

Kriteria suatu resep yang sempurna menurutku adalah, selain rasanya yang cocok di lidah, tapi wajib pula ekonomis dan mudah dibuat. Dari segi takaran maupun cara pembuatan. Nah, resep ini memenuhi semua kriteria itu.

Brownies Kukus Super Moist

Bahan kering diayak:
1 cup terigu (100 gr)
50 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder double acting

Bahan basah aduk hingga gula larut:
2 telur
3/4 cup (150 gr) gula pasir
1 cup susu (200 ml) ~ bisa susu UHT maupun 50 ml susu kental manis
putih/cokelat yang dicairkan dengan air
1/2 cup susu kental manis cokelat (100 ml)
1/2 cup minyak goreng(100 ml)
1/2 sdt garam
1 sdm pasta moka (opt)

Cara Membuat
didihkan air untuk mengukus
olesi loyang dengan minyak goreng, taburi tepung terigu
campurkan bahan basah ke bahan kering
aduk rata
tuang adonan ke loyang, kukus 30 menit menit
( aku pakai loyang persegi 18x18x7 cm)

Tips:
~ Berdasarkan pengalaman loyang yang sudah sering dipakai cukup
dioles minyak saja. Tidak perlu lagi ditabur tepung
~ Sewaktu awal mendidih kukusan boleh dengan api besar. tetapi
apabila adonan sudah masuk gunakan api sedang saja/cenderung kecil.
agar kue yang dihasilkan mulus tidak bergelombang
~ Jika memakai panci kukusan biasa yang penutupnya datar jangan lupa
alasi tutup panci kukusan dengan serbet agar uap air tidak menetes di kue
~ resep ini menghasilkan cake dengan ketinggian sedang sekitar 4 cm. Jika ingin hasilnya tinggi gunakan loyang loaf tetapi untuk pengukusan di bagi 2 kali seperti membuat brownies kukus praktis hanya saja tidak perlu ditaburi meses. hal ini berdasarkan pengalaman aku yang langsung menuang seluruh adonan ke loyang loaf 22x10x7  dan dikukus 30 menit. Ternyata didalan kuenya masih cair karena adonan yang terlalu tebal. Jadi mirip lava cake versi jumbo. Tapi tetap lezat walau makannya harus disendokin, xixixi...

2 Responses to "Brownies Kukus Super Moist"

  1. Permisi bu, untuk resep ini menggunakan gula atau tidak? Kalau iya, perlu berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuh maaf gulanya malah kelupaan untung ada yg nanya.he he..gulanya 3/4 cup atau 150 gr ya.. Makasih koreksinya

      Delete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)