where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Brownies Kukus Pisang



Sudah lama sebenarnya kepingin praktek resep ini. Apalagi jika sambil melihat foto-fotonya yang alamak aduhai. Yang membuat selalu tertunda adalah adanya penggunaan cokelat blok. Maklum makhluk satu ini memang jarang ada didapurku. Sengaja sih karena jika ada pasti usianya tak akan bertahan lama sebelum digunakan sebagai mestinya. Karena sudah terlebih dahulu kubuat minuman cokelat panas :D

Lama-lama loh,, kok aku melihat ada grup tertentu yang memajang resep ini bahkan dijadikan challenge kepada yang lain. Sedihnya lagi tidak disebutkan sumbernya *kesel abis, kebiasaan jelek orang tidak mencantumkan sumber  >:o *. Setelah sedikit memaksakan diri alhamdulillah bisa juga. Rasanya..'hmmm... memang enak yaa.Brownies Kukus Pisang. Pisang dan cokelat memang jodoh :D

Aku pakai resepnya plek tanpa modifikasi. Berikut resepnya sesuai resep asli dari dapoir Mba Endang JTT.


Brownies Kukus Pisang


Resep diadaptasikan dari Web Family.go - Jessica Seinfeld's Deceptively Delicious Brownies

Untuk 24 potong brownies menggunakan loyang ukuran 20 x 20 cm ~ Aku pakai loyang bulat diameter 20 cm

Bahan:
- 150 gram dark cooking chocolate/coklat hitam masak (resep asli 85 gram)
- 125 gram gula pasir (tambahkan jika kurang manis)
- 3 sendok makan mentega/margarine suhu ruang (resep asli 2 sendok makan)
- 2 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanili bubuk (jika menggunakan vanili bubuk, ayak bersama tepung terigu)
- 300 gram pisang ambon/cavendish/raja (kira-kira 2 1/2 - 3 buah), haluskan dengan garpu
- 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 100 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
- 1/2 sendok teh baking powder, pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya. Saya sarankan gunakan yang double acting.
- 20 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk tahan panas (kaca atau alumunium), letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Masukkan coklat blok ke mangkuk, dan panaskan dengan api kecil menggunakan teknik double-boiler (tim) hingga coklat meleleh. Angkat dari api.

Aduk coklat dengan spatula balon hingga smooth, tambahkan gula pasir, mentega/margarine, dan vanilla ekstrak, aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer.

Tuangkan coklat leleh ke dalam mangkuk yang agak besar, masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agar telur tidak matang. Aduk hingga adonan halus.

Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang airnya telah mendidih, tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air, tutup rapat dengan penutup kukusan.

Kukus kue selama 45 - 50 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari dalam dandang.

Note: Gunakan api sedang saat mengukus, kondisi dandang air terisi banyak sehingga cukup untuk mengukus selama 50 menit. Jangan membuka penutup kukusan selama kue dimasak


0 Response to "Brownies Kukus Pisang"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)