where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Brownies Oatmeal

brownies oatmeal tehninit

Banyak sekali bertebaran resep Brownies Oatmeal di internet. Tetapi aku pilih resep Oat Flour Brownies dari website The Kitchen Paper karena bahan dan takaran yang sederhana. Dan lebih penting lagi resep ini hanya menggunakan tepung oatmeal saja tanpa campuran tepung apapun lagi.

Merk oatmeal yang terkenal di Indonesia adalah Quaker Oat. Dalam resep ini oatmeal yang digunakan bisa yang instan maupun yang quick cooking. Yang penting blender dahulu oatmealnya dengan blender kering sampai jadi tepung. Menghaluskannya juga bisa menggunakan coffee grinder. 
brownies oatmeal tehninit

Hasilnya enak banget! Jangan ragu mencobanya. Tanpa cokelat chips saja sudah enak begini apalagi dengan cokelat chips. Pasti lebih moist dan nyoklat. Apalagi dengan bahan utama tepung oatmeal. Brownies ini jadi lebih bergizi. Jika ingin lebih sehat ganti minyak gorengnya dengan canola atau olive oil.

Aku hanya melakukan sedikit perubahan pada resep ini yaitu meniadakan penggunaan cokelat chips. Hanyar sekedar ingin tahu bagaimana tekstur aslinya. Ternyata bagus dan hanya sedikit beremah. Yang kutampilkan di blog ini adalah resep yang sudah ku sesuaikan ya. Jika ingin resep aslinya silahkan klik Oat Flour Brownies.
brownies oatmeal tehninit
Resep Tart Wortel Oatmeal klik disini
Resep Gluten Free lainnya klik disini

Brownies Oatmeal
Cup yang digunakan adalah gelas berukuran 200 ml


Bahan Kering: campur dan aduk rata
2 cup quaker oat diblender sampai jadi tepung
1 sdt baking powder double acting, baking powder biasa juga boleh
50 gr cokelat bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanil bubuk

Bahan Basah:
3 telur
1 cup gula
¾ cup minyak goreng

Isian dan taburan:
cokelat chip, aku tidak pakai, hanya ditaburi kismis saja


Cara Membuat:
  • siapkan oven/panci panggangan. Olesi loyang 22x10x7 dengan minyak goreng
  • Bahan basah : kocok gula dan telur sampai gula larut menggunakan garpu (kira-kira 3 menit), tambahkan minyak goreng, aduk rata.
  • tuang larutan telur ke bahan kering, aduk rata
  • tuang ke loyang yang sudah disiapkan
  • oven 30 menit
Tips: 
  1. Tambahkan 1 cup cokelat chips/serutan cokelat blok pada adonan untuk hasil yang lebih moist dan legit.
  2. Jika menggunakan cokelat chips/serutan cokelat blok jangan lupa untuk mengalasi loyang dengan lertas roti agar cokelat chips yang tenggelam ke dasar tidak lengket di loyang.

Gampang banget kan.. aduk-aduk jadi deh =D



0 Response to "Brownies Oatmeal "

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)