where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cumi Woku



Sudah dua minggu ini aku punya rutinitas baru teman-teman. Yaitu mengantar dan menungggui Sulthan sekolah TK A. Untunglah tempat menunggunya lumayan nyaman, seperti panggung kayu, ada mainannya juga. Jadi nyaman buat ibu-ibu menunggu apalagi sambil membawa bayi 11 bulan seperti aku ini. Disela waktu menunggu biasanya ada paklek tukang ikan dan tukang sayur singgah. 

Kalau paklek sayur aku sering beli. Tapi jika paklek ikan tidak pernah. Bukannya tak suka ikan tapi karena tak bisa membersihkan ikan, xixixixixi... Makanya kalau kepingin ikan aku selalu membeli dipasar supaya bisa sekalian disiangi sama penjualnya.

Tapi kemarin paklek ikan bawa cumi-cumi. Ibu-ibu rame beli. Aku kepingin juga soalnya ingat suami suka cumi dan cumi yang dibawa paklek ini kelihatan masih segar. Waktu tanya harganya. Waduhh,., 50 rb/kg. Mundur deh.. tapi ada salah satu ibu-ibu bilang beli aja setengah kilo kayak dia, Oia ya ya.. benar juga, Jadilah aku beli cumi 1/2 kg saja. Aku minta pilihkan yang kecil saja supaya kepalanya bisa aku goreng terpisah. Kalau besar-besar aku jijayyy sama kepalanya :&.

Cumi ini aku masak bumbu woku. Masakan ala Manado itu teman-teman. Selain karena suamiku lagi suka sama masakan ini. Juga karena aku masih punya rempah-rempahnya sisa aku bikin tuna woku 3 minggu lalu. Alhamdulillah rempahnya masih bagus. Kusimpan dikulkas dalam plastik tertutup. Cumi wokunya enak dan sedap sekali teman-teman. Dulu aku bingung ada masakan menggunakan daun pandan, Karena kupikir pandan itu hanya untuk kue-kue saja. Ternyata juga membuat masakan jadi tambah sedaaaaaapp aromanya.


Cumi Woku

Bahan:
1/2 kg cumi-cumi segar. Bersihkan, potong-potong ( kepalanya tidak ikut kumasak)
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah sisir

Bumbu daun:
1 daun kunyit, simpulkan
1 daun daun pandan, simpulkan
3 daun jeruk, sobek-sobek jangan sampai putus
1 sereh, belah 2, geprek, simpulkan

Bumbu Halus:
5 bawang merah ( aku pakai 10 butir karena kecil-kecil)
3 cabe keriting (bisa ditambah sesuai selera pedas)
5 cm kunyit
1 jempol jahe
5 kemiri, sangrai

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu daun, tumis hingga matang dengan api kecil (tandanya warna bumbu menjadi lebih tua)
  • masukkan cumi, gula merah, kaldu bubuk dan garam, aduk rata.
  • Masak sambil ditutup selama 5 menit dengan api sedang. Nanti cumi akan mengeluarkan airnya sendiri. Aduk dan cicipi
  • Silakan tambah air jika dirasa air yang dikeluarkan cumi kurang. Jika ditambah air lagi, didihkan sekali lagi sebelum diangkat.
Noted: 
Resep woku ini harusnya pakai kemangi yang dimasukkan sesaat sebelum masakan diangkat. Tapi aku gak pakai karena lagi gak punya.



0 Response to "Cumi Woku"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)