where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Pancake Empuk Dan Lembut


Walaahh.. postingan browniesnya belum selesai nih. Tapi serem juga lihat daftar di blog kok isinya sepertinya hanya brownies, xixixixixi... Baiklah sementara ditunda dulu postingan browniesnya walau sudah antri. Sebagai selingan sekarang mari kita membuat pancake empuk dan lembut ini.

Sekitar sebulan yang lalu aku sempat tiga hari berturut-turut membuat pancake atas permintaan anak pertamaku, Sulthan. Itu semua gara-gara dia suka menonton koleksi video masakku. Salah satu video itu berisi tentang ibu Jenny Jones sedang membuat pancake kentang. Ributlah Sulthan juga kepengen.



Aku sempat ragu dan bertanya apa benar Sulthan mau, katanya iyaa...iyaaa.. Kemudian kubuatkanlah pancake asal-asalan :D. Jadinya bantet tidak  flufffy tapi Sulthan tetap doyan dan suka sekali melahapnya. 

Karena percobaan pertama menurutku gagal akhirnya aku browsing dan Alhamdulillah sampai ke blog mbak Diah Didi yang memuat resep Buttermilk Pancake Martha Stewart. Aku teliti resepnya sepertinya mudah. Intinya adalah mengganti resep susu dalam adonan dengan buttermilk.



Besoknya ternyata Sulthan minta pancake lagi dan kubuatkan resep ini. Alhamdulillah berhasil. Empuk, lembut dan fluffy. Ternyata ini rahasianya.. buttermilk ({}) 

Resep dibawah ini hanya separuh dari resep aslinya dan aku menghilangkan pemakaian soda kue dan butter dalam adonan. Untuk resep aslinya silahkan ke sini ya... Jika ingin mengetahui apa itu buttermilk bisa klik disini. Baiklah ini dia resepnya.



Pancake Empuk dan Lembut
( Buttermilk Pancake)

Alat ukur bahan: gelas takar volume 200 ml


Bahan :
1 cup tepung terigu serbaguna  ayak dengan 1 sendok teh baking powder
seujung sdt garam
2 sendok makan gula pasir ~ sesuai selera saja
1 telur

Buttermilk:
150 ml susu UHT putih plain
1 buah jeruk nipis, peras airnya
Margarin/butter untuk mengoles wajan anti lengket

Cara :

  • Buat buttermilk dahulu:campur susu dan air jeruk nipis, aduk rata.diamkan 15 -20 menit. Susu yang tadinya cair akan berubah kasar, terdapat gumpalan-gumpalan susu.
  • Kocok telur dengan gula dan garam sampai larut menggunakan harpu/whisker, tambahkan buttermilk. Aduk rata.
  • Tuang campuran buttermilk dalam ayakan tepung, Aduk hingga rata dan halus
  • Panaskan pan anti lengket, olesi sedikit margarin/butter, tuang adonan pancake, masak dengan api kecil ~ aku sambil ditutup dengan tutup panci, tapi tidak juga tidak apa-apa.
  • Biarkan berlubang-lubang sekitar dua menit.  Balikkan, panggang sampai kira-kira 1 menit dan warna kuning kecoklatan. 
  • Sajikan hangat dengan olesan mentega/margarin, selai, cokelat leleh atau madu.
Noted: Jangan lupa memasaknya dengan api kecil ya..


0 Response to "Pancake Empuk Dan Lembut"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)