where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Puding Santan Hijau


Waktu belanja diwarung dekat rumah mataku tertumbuk pada agar-agar ( untung gak lebam, xixixi). Lama juga nih gak bikin agar-agar. Selama ini seringnya bikin nutrijel. Ambil deh sebungkus. Rencana mau bikin agar-agar yang biasa aja. Itu lo puding santan gula merah. Karena perasaan gula merahku masih banyak.

Pas sampai rumah ubek-ubek kulkas, loh,, ternyata tinggal seuprit. Lah sayang eh sama gula merahku, xixixxi.. Lagian gak cukup juga. Daripada setengah gula merah setengah gula pasir mending sekalian aja gula pasir semua, Sekalian mau coba gimana rasanya puding santan dengan gula pasir.

Karena kemasan agar-agar menyarankan cairannya 900 ml maka ku patuhi segitu juga. Hanya gulanya ku sesuaikan selera manisku dan tambahan garam supaya seimbang manis gurihnya. Pas sudah jadi rasanya enaakkk gurihnya dapet. Tapiiii aku kurang sreg sama teksturnya yang menurutku terlalu lembut. Kurang nyakrek seperti khasnya tekstur agar-agar. Jadi bikin sulit dikeluarkan dari cetakan. Sampai-sampai aku kerepotan waktu mau foto :(

Aku heran padahal kan aku sudah menuruti instruksi. Atau jangan-jangan 900 ml itu hanya berlaku untuk air biasa ya? tidak untuk santan? apakah santanku yang membuat teksturnya terlalu lembek lembut? Pertanyaan-pertanyaan itu berkecamuk dalam dadaku (emangnye perang berkecamuk :D ). Ya sudahlah anggap saja ini ilmu  baru. Lain kali jika ingin bikin puding santan lagi maka takaran airnya akan kukurangi. 

Alhamdulillah anak-anak tetap suka. Sulthan juga sampai bolak balik ambil pudingnya dikulkas. Sipp deh..



Puding Santan Hijau
Hasil: 10 buah cetakan plastik seperti punyaku, hehe

Bahan:
1 bungkus agar-agar ~ aku pakai swallow globe
900 ml santan sedang ~ sesuai saran dikemasan agar-agar :D, tapi menurutku kelembekan. Lain kali akan kukurangi jadi 800 ml saja
100 gr gula pasir ~ saran kemasan sih 120 gr
1 sdt garam ~ boleh ditambah kalau kurang gurih
2 sdt pasta pandan ~ sesuai selera

Cara Membuat:

  • Larutkan agar-agar dalam panci berisi santan, tambahkan gula dan garam
  • Panaskan panci, Aduk-aduk sampai mendidih, hati-hati luber
  • Masukkan dalam cetakan sesuai selera. Dinginkan, siap dinikmati

0 Response to "Puding Santan Hijau"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)