where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sejarahku Bersama Brownies



Aku ingin bercerita tentang perjalananku bersama brownies. Cukup panjang lho.. Jika ku kenang rasanya penuh keharuan :( Aku sudah lupa kapan tepatnya aku mengenal kata Brownies. Yang pasti didalam lubuk hatiku aku tahu pasti suka walaupun belum pernah menyantapnya.Itu karena aku suka cokelat.

Suatu hari sahabatku, sekaligus teman sebangku sewaktu SMA, Iting,, menunjukkan tabloid yang baru dibelinya. Di tabloid tersebut ada beberapa resep yang salah satunya adalah resep brownies. Aku merasa sangat bersemangat dan tak berapa lama langsung praktek. Padahal tidak pernah membuat cake selain hanya bantu memikser adonan saat lebaran. Selain itu aku juga tidak punya timbangan kue, oven maupun loyang. Yang ku punya hanya cinta dan selera pada cokelat * ngegombalin oven dan loyang*.

Seingatku waktu itu bahannya standar, menggunakan cokelat blok dan adonan yang dihasilkan pekat seperti dodol. Berkali kali aku bikin dengan resep ini. Seingatku setidaknya tiga kali. Dan polanya selalu sama : Adonan mentah yang wangi dan pekat, ketika di colek dan dijilat seketika membuatku melayang dan berkhayal. Dan ketika matang langsung membuatku menghilang, xixixixi... Langsung hilang semangat gitu.. Karena berkali kali bikin dengan resep itu selalu kegagalan yang didapat. Kebanuakan browniesnya kekeringan, bahkan pernah sampai gosong. Itu karena aku memanggangnya menggunakan baking pan. Yup, loyang bolu yang langsung ditaruh diatas kompor. Aku pernah lupa menaruh alasnya dan langsung meletakkan baking pan diatas kompor. Ya jelas langsung gosong,  :D

one of my pleasure


Lewat masa itu, aku bersama teman se gank membuat acara masak bersama. Jadi pas hari minggu kita kumpul dirumah teman kami Fakhrina. Kami memutuskan membuat dua resep yang kami dapat disalah satu tabloid. Yang pertama resep kentang. Sepertinya sejenis skotel. Yang kedua Brownies resepnya Leony Trio Kwek kwek. Untuk kentangnya rasanya aneh. Kebanyakan pala. Kalau browniesnya hmmm... coklaaaattt banget. Waktu ku bawa pulang dan ditaruh di kulkas, browniesnya berubah jadi cokelat. Tapi waktu itu aku tidak terlalu suka juga sepertinya, Karena aku tidak pernah berniat membuatnya di rumah. Berakhirlah periode brownies masa SMA. 

Yang seru adalah periode brownies jaman kuliah ditahun 2004. Waktu itu aku sudah melek internet dan rajin browsing. Sempat jadi penjaga warnet juga walau hanya beberapa bulan. Nah, aku dapat resep Brownies Kukus Bunda. Sampai takjub ada kue modern yang cara pembuatannya dikukus * ndesoooo*. Dari sini terus aku beli loyang dan praktek. Wah senaaang rasanya bisa makan kue cokelat yang "benar", hahaha.. iya maksudnya rasanya enak dan memang seperti itulah seharusnya bentuknya. Tidak kering, gosong dan kata-kata menyedihkan lainnya. Nah dari brownies kukus inilah aku dapat ide untuk bikin cake kukus. Waktu itu aku bikin butter cake. Aku pasti bikin dua warna, putih dan ijo dari pasta pandan. Kemudian diselang seling.

Aku lupa darimana dapat ide bikin butter cake karena dikeluarga hanya mengenal tipe sponge cake. Sampai sekarang loyang yang sering ku pakai membuat butter cake masih ada. Yang ku ingat dulu resepnya blueband satu sachet 200 gr, telur 4, gula dan tepung lupa. Dan hebatnya tidak menggunakan pengembang yang umum untuk butter cake seperti baking powder. Hasilnya tetap bagus. Aku sering membuat cake itu jika pulang mingguan ke rumah dan membawanya untuk teman-teman di kost.

Kembali ke Brownies kukus, aku ada ide untuk menjualnya di sekretariat masjid kampus. Aku bersama sahabat di kos yaitu vera joinan membuatnya. Kami join modal dan membuatnya bersama-sama. Aku mudik dan kembali ke kost membawa dandang, mixer dan loyang. Kompornya pinjam saja punya teman. Jadi kita tinggal isi minyak tanahnya. Waktu itu tahun 2005/2006. Alhamdulillah laris. Tapi harus segera berakhir karena aku sudah mau lulus dan akan melanjutkan impianku untuk nyantri di Daarut Tauhid.

Bersambung ke postingan berikutnya yaaa...

0 Response to "Sejarahku Bersama Brownies "

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)