where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Tempe Tahu Santan Cabai Ijo



Lagi lagi... Memanfaatkan masakan sisa :D


Hari ini aku beli kelapa teman-teman. Gak biasanya banget, biasanya kan aku sukanya pake santan instan aja, xixixixi... Pas buka kulkas ingat masih ada tahu tempe goreng yang kusimpan dalam toples tertutup. Tahu tempe ini dibawakan suamiku dari kantor sisa waktu ada acara makan-makan di kantornya. Tadinya mau aku masak semur. Tapi kok hati kurang sreg. Aku malah terbayang-bayang tempe tahu yang dimasak dalam kuah santan. Sebelumnya aku memang belum pernah masak menu ini. Waktu aku hitung tempenya ada 9 potong dan tahunya 5 potong, xixixixi...

Aku ingat waktu aku awal-awal kuliah di akhir tahun 2011 di Tenggarong sempat kopdaran dengan beberapa ibu-ibu dari grup FB Muslimah Belajar Masak alias MBM. Sang pemilik rumah yang bernama mbak Atik menyajikan menu makan siang. Yang membuatku terkesan dan terkenang-kenang adalah sayur sayur tahu tempe santannya. Warnanya merah menggoda tapi tidak terlalu pedas. Pas lah dengan lidahku yang tidak terlalu tahan pedas. Nah sayur itu rasanya bukan hanya sedap tapi seddeeeeppppp.

Nah, kali ini aku  mau coba bikin begitu juga. Tapiii menyesuaikan yang ada dirumah. Pas kemarin bikin pas lagi gak punya rempah-rempah seperti salam dan lengkuas. Tak apa lah masih ada cabai ijo. Aku juga penasaran sama sayur santan yang dimasak dengan cabai ijo segambreng gimana rasanya. Kalau ditumis kan sudah terbukti ueenak.. Tak lupa juga kutambah ketumbar dan gula merah. Ternyataaaaa masya Allah syeeeedaaaaaapppp banget.  Padahal santannya aku pakai yang encer saja lo. Yang asli memang ga bohong :)

Sepertinya benar keputusanku meniadakan salam dan lengkuas. Artinya kan menonjolkan cita rasa si cabai ijo sendiri ( cieeee sok tauuu :D). Bikinnya juga praktis banget karena semua bumbu hanya diiris saja. Ditambah irisan pete tambah sedap kali yaaa..xixixi...Pokoknya sayur ini benar-benar rekomeeeendedddd deh.. Dan akan jadi masakan andalanku.. I love cabai ijoo...






Tempe Tahu Santan Cabai Ijo

Bahan:
9  potong tempe goreng, iris kecil-kecil
5  potong tahu goreng, iris kecil-kecil
500 ml santan encer ~ santan asli ya, jangan yang instan karena rasanya akan beda

Bumbu iris:
5 cabai ijo ~ aku pakai 7 karena ukurannya kecil-kecil
2 cabai merah keriting ~ takut pedas, sekedar pemanis warna saja :D
5 bawang merah
3 bawang putih

1 sdt kunyit bubuk ~ pastikan asli kunyitnya biar benar-benar berasa sedap
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 sdm sisiran gula merah
1 sdt garam
1/4 sdt bumbu penyedap

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu iris, kunyit bubuk dan ketumbar bubuk sampai wangi dan layu. Dengan api kecil saja supaya kunyit bubuk dan ketumbar bubuknya ikut matang tapi tidak gosong.
  • Tuangkan santan, gula merah dan garam. Biarkan mendidih 
  • Masukkan tempe dan tahu, Masak hingga menyatu dan meresap. Kira-kira 3 menit, jangan lupa cicipi dulu rasanya
  • Sajikan hangat (y)

2 Responses to "Tempe Tahu Santan Cabai Ijo"

  1. Salam kenal Teh Ninit. Saya baru aja nemu blognya Teteh, dan suka dengan blognya Teteh dengan ulasan2 di setiap resep2 Teteh. Jadi nilai lebih menurut saya. Dan untuk resep ini uda saya coba, hasilnya luar biasa, emang syedeeeppp.. suami juga memuji.. Terima kasih ya Teteh Ninit.

    ReplyDelete
  2. Makasih ya mbak Rina atas komennya..senang kalo bisa bermanfaat.. salam kenal juga ya dari Muara Badak :-)

    ReplyDelete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)