where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolu Kukus Santan Tepung Beras

cari-jodoh-biro-jodoh-kontak-jodoh


Dari kemarin Sulthan minta dibikinkan kue keju. Tapi gak jelas apa itu kue kering ataukah cake. Pas kutanya katanya sih mau bolu. Tapi aku bingung mau bikinin cake keju. Bingung apa ya,, gak tahu deh pokoknya lagi gak mood aja sama cake keju. Eh, malah mikir ke cake-cake lainnya. Aku ingat masih penasaran sama bolu santan yang dulu sering aku bikin dan sudah ku posting juga di blog ini. Resepnya dari blog bunda Inong. Aku penasaran bagaimana kalau terigunya diganti tepung beras apakah akan tetap enak dan lembut.

Sambil mikir-mikir komposisi bahannya dan membandingkan dengan bolu kukus mekar tepung berasnya Farah Quinn akhirnya aku yakin pasti bisa. Dan alhamdulillah okeeee banget hasilnya. Gurih santannya berasa. Tekstur lembutnya dapet. Sip pokoknya.. cuma...heheh.. agak ngeprul gitu. Ya baru ingat juga sih kalau cake dari tepung beras maka teksturnya akan ngeprul alias beremah. Apalagi bolunya tanpa minyak. Gapapa deh, masih termaafkan.  Yang penting enak, lembut dan anak-anak doyan :D. Syukurnya pas kuenya jadi Sulthan gak nanya-nanya ini bolu keju atau bukan, xixixixi...

Bolu ini aku coba cetak dicetakan bolkus dan cup plastik kecil. Siapa tahu akan mekrok. Eh ternyata tidak sodara-sodara :D. Mungkin kalau ditambah baking powder akan mekar. Seperti resep aslinya bunda Inong. Untuk versi terigunya silakan baca di bolu kukus santan.

biro-jodoh-cari-jodoh-kontak-jodoh


Bolu Kukus Santan Tepung Beras
Cup yang digunakan adalah gelas volume 200 ml

Bahan A:

2 telur
2/3 cup gula pasir (130 gr)
1 sdt SP
1/2 sdt garam

Bahan Lain:

2 cup tepung beras (200 gr)
200 ml santan sedang/santan instan
Bisa ditambah pasta/pewarna sesuai selera

Cara membuat:
  1. Panaskan kukusan. Lapisi tutup dandang dengan serbet agar uap air tidak menetes
  2. Kocok bahan A dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental berjejak
  3. Turunkan mixer ke kecepatan terendah. Tambahkan tepung beras selang seling sengan santan
  4. Tuang adonan dalam cup-cup plastik kecil atau cetakan bolu kukus. Kukus 10 menit
  5. Atau bisa juga langsung diloyang. Kukus 30 menit

0 Response to "Bolu Kukus Santan Tepung Beras"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)