where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Brownies Panggang Tepung Beras Super Legit

brownies panggang tepung beras


Ini resep eksperimen hasil penasaran sama brownies non terigu sekaligus mencari bahan alternatif pengganti cokelat blok dan chocochip. Iya teman-teman aku kan tinggal dipedalaman jadi nyari cokelat blok itu susah. Tepatnya nyari cokelat blok yang murah itu susah, wkwkwkwwk... Kalau di TBK yang adanya di Samarinda kan banyak pilihan sesuai budget. Akhirnya aku mikir deh.. gimana ya bisa bikin brownies tetap fudge tanpa cokelat blok. Gantinya apa gitu..

Choco chips? ya betul.. Tapi masalahnya choco chip yang dijual disini gak pasti. Seringnya yang bulat-bulat besar. Pengalaman aku bikin brownies pakai choco chips sebesar itu jadinya gak meleleh bersama adonan. Tapi mereka berkumpul menyendiri di dasar loyang, xixixixixi,, buktinya sudah ku posting di brownies fudgy ekonomis.

Alternatif kedua, susu kental manis cokelat. Hmmm sepertinya kurang tepat. Kalau kebanyakan nanti malah bikin kuenya lembek karena SKM kan kadar airnya tinggi. Pikir..pikir..pikir... ahaaaa... bagaimana kalau pakai meses saja? bukankah meses itu cokelat blok juga cuma bentuknya aja yang beda? soal rasa ya kita pilihlah meses yang kualitasnya lumayan bagus. Menurutku sejauh ini yang paling enak sih merk meses Ceres. Tapi sayangnya kok yang jual disini jarang. Akhirnya aku pakai yang ada aja tapi pakai kemasan dan ada merknya Safari.


brownies panggang tepung beras
browniesnya patah, bawahnya juga nempel banget ke kertas roti
karena terlau legit :D. Kertasnya jadi enak dimakan =D

Aku ragu mau masukin berapa ke adonan. Tadinya mau 3/4 cup. Tapi aku pengen pas jadinya kugenapkan 1 cup. Kira-kira 150 gr. Apa yang terjadi? sepertinya kebanyakan, xixixixixi... mestinya benar tadi yang 3/4 cup, pasti browniesnya akan jadi lebih kokoh. Kalau ini browniesnya mudah hancur karena kebanyakan cokelatnya. Tuh lihat sampai  foto diatas sampai patah, xixixixi... Tapi rasanya aduuhhhh legiiidddhhh banget.. cuma yaitu agak susah motong-motongnya.

                    Brownies Fudgy Tepung Beras

Bahan kering diayak:
1 cup tepung beras (100 gr)
50 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder double acting

Bahan basah: Aduk dengan garpu hingga guka larut
2 telur
1 cup gula pasir (200 gr) 
1 cup susu (200 ml) ~ bisa susu UHT maupun 50 ml susu kental manis putih/cokelat yang dicairkan dengan  150 ml air
100 ml minyak goreng
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili


Bahan Tambahan:
1 cup Meises cokelat ~ hasilnya terlalu basah. Saran: kurangi mesesnya jadi 3/4 cup saja (150 ml)

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven
  2. Olesi loyang brownies 10x30x4 dengan minyak goreng, taburi tepung terigu. Sebaiknya alasi juga loyang dengan kertas roti
  3. Campurkan bahan basah ke bahan kering, aduk rata. 
  4. Masukkan meises, aduk rata
  5. Tuang adonan ke loyang, panggang 25 sampai 30 menit hingga matang dengan api sedang

Noted:
Brownies yang dihasilkan sangat basah dan legit. Ini karena terlalu banyak meses. Jadi sebaiknya kurangi jumlah mesesnya 

Jika ingin resep brownies tepung beras yang lembut lezat bisa klik di link ini ya

Resep ini sudah diperbaiki, silahkan klik brownies tepung beras super enak

0 Response to "Brownies Panggang Tepung Beras Super Legit"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)