where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Keripik Bayam Praktis


Keripik Bayam Praktis

Keripik Bayam ini salah satu cemilan favoritku teman-teman. Dulu sering bikin tapi sekarang sudah jarang karena bikinnya yang lama sedangkan makannya hanya sekejap, xixixixxi.. Padahal bikinnya sangat gampang tinggal celup bayamnnya ke adonan pelapis trus goreng deh dalam minyak panas dan banyak.


Untuk resep tepung pelapisnya aku eksperimen sendiri teman-teman. Dari yang menggunakan 100% tepung beras dan dicampur tepung lain aku coba. Nah, menurutku yang pas itu menggunakan campuran tepung beras dan tapioka dengan perbandingan 7:3. Jadi misalnya tepung berasnya 7 sdm maka tepung tapiokanya 3 sdm. Komposisi ini akan menghasilkan pelapis yang renyah kriuk dan lumayan tahan lama ditoples tertutup rapat. Setidaknya 2 hari ditoplesku, lebih dari itu tidak tahu soalnya keburu habis, hehehe..

Jika hanya menggunakan tepung beras saja maka akan menghasilkan keripik yang kriuknya keras dan tajam menusuk gusi, xixixixi.. Jadi agak mengganggu. Untuk bumbu aku hanya menggunakan kaldu bubuk, garam dan merica. Kemudian beri air sampai jadi adonan yang encer seperti kita membuat peyek.

Kemalasanku membuat keripik bayam semakin menjadi karena di rumah mertua di Loakulu ada industri rumah tangga yang memproduksinya dengan harga 6 rb/bungkus. Menurutku itu murah ya dengan bungkusan yang lumayan besarnya. Tapi karena sekarang punya bayi lagi dan kuliahpun sudah selesai maka aku sudah amat jarang ke Loakulu. Rencana sih hari rabu lusa. Semoga cuaca bagus, mendung tapi tak hujan supaya enak dijalan, hehehe... dan semoga disana bertemu kripik bayam 6 rb lagi. Eh, tapi mungkin sekarang harganya sudah naik ya, mengikuti harga BBM yang naik turun, xixixi,,

Untuk keripik bayam ini, agar hasilnya maksimal gunakan bayam berdaun lebar dan tebal seperti bayam potong. Menurut pengalamanku sih memang lebih baik daripada menggunakan bayam bisa yang untuk sayur bening. Jadi mirip seperti yang dijual orang. Kalau jenis bayam biasa lebih enak buat bikin bakwan bayam.

Keripik Bayam Praktis

Bahan: 1 ikat bayam  berdaun lebar dan tebal  (bayam potong), cuci dan tiriskan

Adonan Pelapis: 7 sdm tepung beras + 3 sdm tepung tapioka + 1 sdt kaldu bubuk + 1/2 sdt merica + garam secukup rasa + air 150 - 200 ml

Cara Membuat:

  1. Buat adonan pelapis: Campurkan semua tepung, kaldu bubuk dan merica, beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, cicipi rasanya. Untuk pertama coba 150 ml dulu. Coba goreng. Kalau oke lanjutkan, Kalau dilihat dan dirasa terlalu tebal tambah lagi air sedikit demi sedikit
  2. Panaskan minyak agak banyak diwajan. Ambil selembar daun bayam, celup ke adonan pelapis, langsung goreng. Bolak balik hingga matang.
  3. Ciri keripik telah matang yaitu minyaknya sudah tidak bergelembung/berbuih lagi yang menandakan kandungan air dalam keripik sudah habis

0 Response to "Keripik Bayam Praktis"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)