where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Keripik Tahu Pong Renyah Kriuk

Versi pedas
Pertama kali lihat resep keripik tahu pong ini di websitenya mbak diah didi. Sebagai penggemar tahu aku langsung kepincut melihat cara pembuatannya yang terlihat sangat mudah dan praktis karena menggunakan tepung bumbu instan. Aku sekali, xixixiix.. Tapi niat untuk cepat mempraktekkannya urung karena untuk mendapatkan tahu pong aku harus ke pasar dulu. Padahal aku amat sangat jarang ke pasar. Tapi sekali aku ke pasar malah lupa beli, hehehe...

Versi tidak pedas

Nah, pas kemarin hari selasa aku beli gado-gado pas ada paklek sayur juga parkir disana. Rupanya si Paklek sayur yang bernama pak Jamin ini sedang sarapan. Sambil menunggu pesanan iseng-iseng aku melihat-lihat gerobak motornya. Eh, bukan gerobak ding. Itu lho motor jaman sekarang yang dibelakangnya diberi tambahan bak seperti mobil pick up. Aku gak tahu istilahnya, jadi sebut saja motor gerobak, hehehe..

Sayurnya kurang menarik hatiku. Yang menarik ada ikan asin mirip ikan asin favorit di kampungku di Tasikmalaya yaitu ikan asin peda merah alias disana menyebutnya peda bereum. Isinya dalam sebungkus lumayan banyak. Tapi semakin ku bolak balik semakin ku ragu kalau itu peda bereum. Dan akhirnya aku yakin kalau itu memang bukan, hehehe... padahal begitu lihat itu aku langsung kepikiran bikin nasi liwet peda. Hmmmm sedaaaappp banget deh liwet peda bereum kalau disandingkan dengan sambel terasi dan petai mentah atau jengkol muda mentah.. wuiiiihhh makan berasa there's no tomorrow anymore..wkwkwkwk... #hilangfokus

Setelah berpisah dari peda bereum wannabe aku melihat tahu pong, triiiiinggg.. langsung pikiran terfokus pada satu niat yang dulu pernah terpatri, jiaaahhh.. yaitu keripik tahu pong. Satu bungkus isinya 5 biji saja dengan harga 2 rb. Aku beli dua bungkus karena rencananya sebungkus aku coba biasa yang sebungkusnya lagi pakai tepung bumbu pedas.

Untuk tepung bumbunya aku pakai merk favoritku yaitu sajiku, hehehe.. bukan iklan lho.. memang aku lebih suka merk ini walaupun menurutku rasanya terlalu asin, tapi bumbunya juga lebih kuat terasa. Selain itu karena dia asin jadi biasanya ku tambah tepung beras selain supaya asinnya pas juga menambah renyah gorengannya. Biasanya aku pakai 1:1 antara tepung bumbu dan tepung berasnya.

Waktu memotong tahunya aku sempat melakukan dua cara yaitu potong bagi dua biasa dan diagonal. Ternyata lebih baik memotongnya diagonal supaya lebih mudah mengeluarkan isinya.




Pada waktu menggoreng aku juga sempat melakukan percobaan menggoreng dengan bentuk aslinya yang berongga dengan yang dirobek dulu sehingga bentuk tahunya rata. Ternyata lebih mudah menggoreng dengan bentuk tahu yang sudah disobek karena selain lebih mudah menempelkan tepung bumbunya juga lebih hemat dalam penggunaan minyak *teteuuupp*. Walaupun minyaknya tidak terlalu banyak hasilnya tetap bisa renyah kriuk. Berbeda dengan yang masih bentuk asli dimana jika minyaknya kurang banyak maka tahunya tidak terendam dan menyulitkan dalam penggorengan. Tapi jika teman-teman tidak ada masalah dalam penggunaan minyak yang banyak sih ya rapopo :D.

Kelemahan yang disobek ini adalah bentuknya yang tidak karuan, khas masakanku banget =D. Ini sebenarnya salahku ya. Aku baru dapat ide ditengah jalan. Jadi waktu aku goreng pertama aku merasa kesulitan menggoreng tahu yang ada rongganya itu. Sebenarnya sih tidak ada kesulitan sama sekali kalau aku mau menuangkan minyak lagi. Tapi masalahnya aku sayang minyak goreng teman-teman :D, jadi setelah pasukan pertama selesai digoreng, pasukan berikutnya aku sobek-sobek secara brutal supaya lebih mudah digoreng, wkwkwkwwk..
Sebelah kiri tahunya kusobek biar rata dan mudah dan hemat
minyak gorengnya. Sebelah kanan versi aslinya.

Ini resep versi sedikitnya ya teman-teman, karena masih percobaan, Tapi ini percobaannya insyaAllah sukses kok :D


Keripik Tahu Pong Renyah Kriuk

Bahan:

5 buah tahu pong, potong 2 diagonal, Balik, keluarkan isinya. Kita hanya menggunakan kulitnya. Atau bisa langsung dipotong 4 bagian untuk mendapatkan bentuk  tahu yang rata tanpa rongga
2 sdm tepung bumbu~aku pakai merk sajiku, Jika ingin pedas pakai sajiku/merk lain yang rasa pedas
2 sdm tepung beras

Cara Membuat:

  • Campur kedua macam tepung hingga rata
  • Celupkan/basahi tahu dengan air, letakkan di piring
  • Taburkan secara merata dan bertahap tepung bumbu ke permukaan tahu sambil diaduk-aduk hingga tepungnya menempel merata ditahu
  • Panaskan minyak agak banyak, Goreng tahu hingga matang. Jika sudah agak dingin simpan dalam toples tertutup rapat.


Noted : Karena kita hanya menggunakan kulitnya maka isi tahu pong yang tidak kita gunakan bisa kita aduk juga dengan tepung kemudian digoreng. Atau pergunakan untuk masakan lain sesuai selera teman-teman.


0 Response to "Keripik Tahu Pong Renyah Kriuk"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)