where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sayur Santan Daun Singkong Nostalgia


sayur-santan-daun-singkong-praktis-minimalis

Setelah berminggu-minggu ngiler makan sayur daun singkong akhirnya dapat juga daun singkongnya. Daun singkong ini aku dapat dari tetangga yaitu mbak Ani yang memang punya banyak tanaman singkong dihalaman rumahnya. Aku suka sekali dengan rumah mbak Ani, karena walaupun amat sangat sederhana tapi pekarangan rumahnya luas dan ditanami dengan berbagai macam tanaman kebutuhan sehari-hari.

Yang paling serbaguna tentu saja pohon singkong. Karena daun, umbi dan kayunya bisa dimanfaatkan. Selain itu  dipekarangan beliau juga ada rempah-rempah, pohon sirsak, dan pagar yang terbuat dari pohon daun katuk. Dan masih ada yang lainnya yang aku gak tahu, hehehe... Jenis rumah seperti ini yang aku suka teman-teman. Rumah sederhana yang rindang dengan berbagai macam tanaman bermanfaat untuk penghuninya. Membuat mata sejuk dan hati adem.

Waktu ke rumah beliau minta daun singkong aku juga dikasih singkong dua pohon. Untungnya isinya kecil-kecil saja jadi tidak berat walau kubawa pulang jalan kaki sambil gendong Syamil. Daun singkongnya langsung aku presto 10 menit biar cepat empuk. Setelah dingin aku  simpan dikulkas. Singkongnya seletah dikupas dan dicuci bersih juga aku simpan dikulkas.

Sebagian singkongnya langsung aku goreng atas permintaan Sulthan. Dengan bumbu sederhana, yaitu kunyit bubuk, ketumbar bubuk, merica bubuk, garam dan sedikit kaldu bubuk. Setelah diremas-remas kemudian didiamkan sebentar. Walaupun langsung digoreng tapi singkongnya empuk. Luarnya agak keras tapi dalamnya empuk, sesuai seleraku :D
singkong-goreng-empuk-renyah


daun-singkong-rebus


Daun singkongnya tentu saja ku masak santan mengingat aku masih penasaran dengan sayur daun singkong nostalgia, xixixixi...'Alhamdulillah... kali ini rasanya sudah benar-benar mirip. Yah 80% lah..sudah mengobati rasa kangen dan penasaran. Tentang sejarah sayur daun singkong ini ada di postingan nostalgia sayur daun singkong ya :D

Sayur Santan Daun Singkong Nostalgia

Bahan:
2 mangkok daun singkong yang sudah direbus empuk, potong-potong
700 ml santan segar

Bumbu:
4  siung besar bawang putih, cincang halus
5 butir bawang merah, cincang halus
1 sdt munjung ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1 sdm gula merah sisir
Garam dan penyedap sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Panaskan 2 sdm minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih cincang, masukkan ketumbar dan kunyit bubuk.
  2. Tumis dengan api kecil hingga wangi dan matang
  3. Tuang santan, daun singkong garam dan penyedap
  4. Masak hingga mendidih beberapa lama agar bumbu menyatu  dengan daun singkong
  5. Tambah air secukupnya jika dirasa kuah terlalu sedikit
  6. Cicipi rasanya sebelum diangkat

0 Response to "Sayur Santan Daun Singkong Nostalgia"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)