where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Singkong Kuah Santan A ka Kolak Singkong Putihan

singkong-ala-thai-praktis


Waktu dikasih singkong banyak oleh tetangga dua hari lalu emang langsung kepikiran bikin singkong disantanin gini. Yah.. ala-ala singkong thai gitu, xixixixi... tapi pake caraku saja yang asal praktis. Lebih sedapnya pakai daun pandan ya, Tapi aku gak pakai karena gak punya. Kalau sudah begini aku langsung menyesal kenapa aku gak punya pohon pandan, xixixixi... Kenapa gitu loh aku gak berkebun kecil-kecilan kayak tetanggaku yang rajin itu, hikzzz...

Sebenarnya aku punya vanili tapi malas pakainya. Aku pingin orisinil dan pingin tahu gimana rasa sebenarnya tanpa wangi-wangian. Dan ternyataaaaa..... hmmmmm syedaaaaaaaapppp... Aku yakin ini pasti karena santannya yang segar. Jadi gunakan santan segar ya teman-teman jangan yang instan. Karena walaupun juga enak tetap aroma manis dan sedapnya sudah tak ada. Kalau pakai santan segar tanpa pandan dan vanili pun sudah enak sangat. Aku menyeruput kuahnya sampai  geleng-geleng mensyukuri kelezatannya disetiap hirupan =D. 

Rasanya juga sangat pas karena aku hanya pakai 1,5 sdm gula pasir. Aku bangeeet rasanya. Karena manis dan gurihnya berdampingan harmonis. Tapi semuanya sesuai selera teman-teman ya.. bisa ditambah dikurang sesuai selera.
kolak-singkong

Singkong Kuah Santan Alias Kolak Singkong Putihan

Bahan:
1 mangkok singkong
300 ml air ~ lebih enak kalau santan encerrrr..super encer
300 ml santan sedang ~ gunakan santan asli
1/2 sdt garam
1,5 sdm gula pasir
Bisa ditambah daun pandan atau vanili jika suka

Cara Membuat:

  1. Rebus singkong dan air hingga mendidih bersama gula dan garam
  2. Setelah mendidih kecilkan api dan rebus selama 20 menit
  3. Tuangkan santan dan didihkan kembali kira-kira 3 menit dgn api sangat kecil
  4. Cicipi rasanya sebelum diangkat

0 Response to "Singkong Kuah Santan A ka Kolak Singkong Putihan"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)