where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sup Krim Jagung Express



Gara-gara dapat laporan dari salah satu sobat, Novie yang waktu itu lagi makan sup krim jagung. Katanya rasanya creamy tapi asin. Untunglah disajikan dengan roti sehingga bisa sedikit menetralisir asinnya. Mungkin tujuannya dibikin lebih asin gitu kali ya. Supaya balance ketika dimakan pakai rotinya.

Dari situ aku trus kepingin deh. Tapi tenggelam setelah ingat kalau mau bikin sup krim jagung yang mantab WAJIB pakai jagung manis. Sebenarnya disini juga banyak jagung manis karena banyak orang berkebun. Tapi yang dijual dipasar jagungnya sudah pada dikupas. Biasanya kalau sudah dikupas rasanya sudah kurang manisnya. Kecuali mungkin jika dikupasnya masih dibawah satu jam. Sedangkan aku gak tahu yang dijual dipasar iti sudah berapa lama jagungnya tanpa baju :D

Aku belum pernah makan sup krim jagung di restoran atau cafe. Lha, ke restoran aja gak pernah, wkwkwkwk.. tapi kalau beli pernah waktu masih kuliah di Banjarmasin. Yaitu sup krim kagung instan royco =D. Biasanya aku beli satu bungkus di supermarket Tulip ( sekarang namanya Glow), dan kumasak pas weekend saat aku pulang ke Banjarbaru ( sambil ambil jatah :D). Dulu waktu pertama bikin keasinan karena gak ngerti. Lama-lama ngerti jadi aku bikinnya sedikit-sedikit secukupnya aku. Satu bungkus lumayan bisa buat berkali-kali bikin. Menurutku rasanya enak sekali ( waktu itu). Rasa jagung yang creamy membuat lidahku berkata "ahaaaa!!!

Setelah menikah dan sering browsing resep, termasuk resep sup krim jagung, aku jadi sangat tertarik mencobanya. Pernah mencoba sekali enak dan berkali-kali lainnya tak enak, wkwkwkwwk... Saat itu aku menyalahkan kondisi di Muara Badak yang tidak ada orang jual krim kental dan susu evaporated =D. Yup, menurut beberapa resep yang ku baca resepnya ada yang begitu. Kalau pakai itu sudah pasti enak dan nendang kan?! huh!!! ( sambil berkacak pinggang). 

Akhirnya lama vakum gak pernah bikin lagi. Pas kemarin mudik aku sempat beli lagi sup krim jagung instan merk lain dan menurutku gak enak blass. Setelah kurenungkan lebih dalam (preeettt) kegagalan-kegagalanku selama ini. Aku menyimpulkan memang si jagung ini yang memegang peranan vital. Soal krim kental dan susu evaporated bisa lah dikesampingkan. 

Nah, pas lusa kemarin aku ke warung kelontong langganan aku terkesiap karena aku melihat segerombol jagung yang masih berbungkus rapat berjejer tidak rapi di keranjang super dekil. Tapi justru yang tidak rapi itu menambah nilai artistik khaaann #hilangfokus. Langsung deh beli 6 biji. Harga sebijinya 3 ribu, hikss. Sebelumnya aku tanya dulu sama penjualnya yaitu Om Nawir ini manis apa enggak (dengan gaya lembut tapi menusuk). Kata Om Nawir coba aja dulu. Pas dicoba wowwwww maniisssss. Aku merasa Allah merestui keseriusanku dalam sup krim jagung ini #terharu. 

Setelah beli gak langsung dimasak. Mikir dulu gimana cara masaknya yang maksimal dengan waktu dan cara yang minimal, super praktis gitu. Karena kan sup krim biasanya setelah dimasak, didinginkan sebentar, di blender trus dimasak lagi, Aduuhh... aku gak ada waktu  dan tenaga apalagi sambil gendong Syamil dan kemarin aku lagi parah-parahnya flu dan memang lagi pengen makan makanan yang anget-anget gurih tapi bukan soto maupun bakso,xixixi.. Alhamdulillah Allah kasih ide. Jadi jagung dan susunya diblender duluan baru dimasak. 

Kemarin siang bikin dan Alhamdulillah suksesssss... the best creamy corn soup i have ever made. The best karena selain bahannya yang low budget ( sesuai hati nurani,wkwkwwk) juga cara bikinnya yang super praktis. Tapi karena Syamil rewel jadi mangkok berisi sup yang siap foto kutinggal begitu saja dimeja, Pas beberapa jam kemudian mau foto diatasnya sudah terbentuk lapisan gitu. Itulah mengapa fotonya kurang menggiurkan, heheheh #alasan. Tapi percayalah rasanya gak sama kayak fotonya, xixixi.. rasanya superrr enaaakkk. Tadi pagi aku bikin lagi buat sarapan. Cepat banget..





Resep sup krim lebih sehat dengan sayuran KLIK DISINI

Sup Krim Jagung Express
Untuk 1 porsi orang kelaparan

Bahan:
1 buah jagung manis, disisir, dibagi 2 ~ kalau bukan jagung manis kurang enak hasilnya
1 sdt margarin
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sdt kaldu bubuk ( aku pakai masako)

Bahan di blender:
1/2 bagian jagung
1 sachet susu dancow putih ( intinya susu putih tanpa rasa)
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air

Cara Membuat:
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih cincang sampai wangi dan matang
  • tuangkan jagung blender, sisa jagung sisir dan kaldu bubuk, biarkan mendidih, kecilkan api
  • Terus didihkan dengan api kecil sambil diaduk selama kira-kira 3 menit, cicipi rasanya, tambah apa yang kurang ( garam, gula atau merica). Jika sudah pas matikan api
  • Lamanya memasak bisa ditambah sesuai kekentalan dan kematangan jagung yang diinginkan
  • Sup krim jagung hangat, lezat dan praktis siap disantap (y)
Noted:
Setelah mendingin sup ini akan makin mengental. Jika masih ada sisa dan ingin dimakan lagi tinggal dihangatkan dan tambah sedikit air.


0 Response to "Sup Krim Jagung Express"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)