where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bakwan Jagung Renyah

bakwan-jagung-kriuk

Dulu jaman waktu masih kecil aku kurang suka perkedel, bakwan atau bisa juga dinamakan ampal jagung kalau mamaku bilang. Soalnya buatan mamaku tebal-tebal besar-besar. Bentuknya bulat panjang gitu. Aku lebih suka perkedel kentangnya mamaku, Yang bentuknya juga sama. Bulat panjang tebal.. Kalau tetehku yang bikin sih lumayan enak soalnya gak tebal. Kata teteh khusus perkedel jagung bumbunya dikasih merica. Maklum dikeluarga kami gak familiar masak-masak pakai merica bubuk. Gak kayak dimajalah apa-apa pakai merica, sampai aku dulu heran :D.

Di Muara Badak sini orang seringnya bilang dadar jagung. Pernah dulu aku diundang ke rumah tetangga katanya mau pesta dadar jagung. Aku langsung semangat kupikir apaan dadar jagung pasti unik.'Apa iya telor kocok dikasih jagung terus didadar? xixixi.. Pas besoknya datang aku tanya mana dadar jagungnya ternyata bakwan jagung inih... gubrakk...

Sekitar tiga tahun lalu aku di kasih sepiring bakwan jagung oleh pemilik rumah kontrakanku. Rasanya wowww... itu adalah bakwan jagung terenak yang pernah ku makan. Tidak pakai cetakan, tidak terlalu tebal, luarnya garing. Rasanya berbumbu bangeett.

Selama ini sering juga bikin bakwan jagung tapi selalu kurang memuaskan. Pas ke rumah beliau langsung saja ku tanyakan resepnya. Kata beliau diblender sebagian jagungnya sama telur. Dan jangan sedikitpun diberi air. Tepungnya pakai tapioka. Bumbunya banyak banget yaitu bawang merah putih, bawang daun, jahe, merica, ketumbar, kunyit dan daun jeruk, wekzzz... pantaaass rasanya begitu tasty.

Karena tanpa takaran akhirnya aku eksperimen sendiri saja. Kucoba tambah tepung beras supaya lebih kriuk. Resep dibawah ini menurutku sudah yang paling enak yang pernah kubikin, heheheh. Pas di kulkas ada bayam sekalian ku coba tambahkan irisan bayam ke adonan. Ternyata enak juga..

perkedel-jangung-bayam
Bakwan Jagung dengan bayam


Bakwan Jagung Renyah

Bahan:

2 buah jagung manis, disisir
1 batang kecil wortel ~ pilihan saja ya, biasanya aku juga gak pakai, kemarin pas lagi ada aja dirumah
1 telur
5 sdm tepung Beras
2 sdm tepung tapioka
1/2 sdt kaldu bubuk
garam sesuai selera
Jika ada oke juga ditambahkan irisan daun bayam, masukkan ke adonan dalam keadaan mentah.

Bumbu:
2 bawang putih
1 bawang daun, iris tipis
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
2 cm jahe
(daun jeruknya lagi gak punya)

Cara Membuat:

Versi Manual:


  1. Ulek bawang putih, jahe dan 1/2 bagian jagung
  2. Kemudian campurkan jagung berbumbu ulek tersebut dengan semua sisa bahan, aduk rata, cicipi rasanya
  3. Goreng sesendok demi sesendok makan hingga matang.

Versi Blender:

  1. Blender hingga halus: 1/2 bagian jagung, wortel, telur, jahe dan bawang putih
  2. Masukkan ke dalam mangkok, tambahkan sisa jagung, tepung beras dan tapioka, bawang daun, ketumbar, merica, kaldu bubuk dan garam secukupnya sambil dicicipi
  3. Goreng sesendok demi sesendok sampai matang








0 Response to "Bakwan Jagung Renyah"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)