where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kue Leker (Pakai wajan kwalik alias crepe maker)

crepe-ala-indonesia

Beberapa waktu lalu percobaan bikin kue leker gara-gara ngiler dengan postingannya mbak diah didi tentang kue leker jadul. Jaman aku SMP, waktu sedang berdiri menunggu angkot aku sempat melihat kakek-kakek lewat bawa pikulan. Tulisannya disitu kue leker. Aku sempat bertanya dalam hati apaan tuh kue leker. Sepertinya di kotaku waktu itu dan sampai sekarang pun di Banjarbaru kue tersebut tidak familiar. Karena gak kenal aku jadinya gak tertarik dan rasanya cuma sekali itu saja bertemu kakek-kakek itu. Wah kakek itu sekarang dimana ya, kalau masih hidup semoga hidupnya dalam kebahagiaan dan kecukupan. Kalau sudah meninggal semoga bahagia juga didalam kuburnya. amiiin..

Belasan tahun berlalu aku sudah lupa dengan kata leker. Selain itu juga ketimbun sama jajanan-jajanan yang kuburu pada saat itu, hehe.. Nah, beberapa bulan lalu begitu lihat resep kue leker jadul di websitenya mbak Diah berasa langsung terlempar ke masa  16 tahun yang lalu. Masa-masa aku bersama teman-teman berdiri menunggu angkot lewat untuk pulang ke rumah.

Waktu baca deskripsi dan foto leker tersebut dalam hati aku merasa menyesal. Kenapa ya dulu gak beli. Coba tahu dari dulu kalau kue leker itu bentuknya seperti crepe kriuk-kriuk gitu pasti aku suka. Apalagi bahannya tepung beras dan santan. Membuatnya pun tanpa minyak. Hmmmm mesti joss ini. Inilah Indonesian crepe, hehehe...

Membuat kue ini pakai wajan kwalik ya temans alias crepe maker. Kalau pakai teflon biasa aku gak tahu gimana. Aku pas punya wajan kwalik ini dan kurang termanfaatkan. Kalau  adonannya mau praktis mampir saja ke websitenya mbak diah di www.diahdidi.com. Disana beliau juga jual tepung leker. Juga tepung-tepung lainnya seperti tepung bakso, tepung kentang, tepung ketan hitam dll masih banyak lagi. Jualannya beliau jamin berkualitas karena dicoba dan digunakan sendiri untuk masakan beliau sehari-hari dan berasal dari UKM-UKM di Semarang. Beliau sekalian membantu mempromosikan jualannya para pengusaha kecil. Hebat ya idenya teman-teman. Ini aku kopaskan resepnya dari websitenya mbak diah dengan keterangan penyesuaian dariku.

Kue Leker alias Indonesian Crepe

Judul Asli : Kue Leker Jadul
Sumber: diahdidi.com

Bahan :

Tepung beras 100 gram
Tepung tapioka 2 sendok makan
Tepung terigu 50 gram ~ aku gak pakai
Gula pasir 50 gram
Garam 1/4 sendok teh
Santan 200 ml
Telur 1 butir ~ aku gak pakai

Bahan isi:
Pisang raja secukupnya, potong2 tipis serong
Meises
Keju
aku cuma pakai meises saja

Cara Membuat:
  1. Campur ketiga macam tepung dan gula, buat lubang di tengah, masukkan garam, telur dan santan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata dan licin. Tempatkan di wadah khusus untuk crepe maker.
  2. Panaskan cetakan crepe maker, lalu celupkan ke adonan kue leker, angkat, balikkan dan panggang hingga matang dan renyah. Isi dengan bahan isi sesuai selera, lalu lipat. Sajikan segera agar terasa kriuk-kriuk

0 Response to "Kue Leker (Pakai wajan kwalik alias crepe maker)"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)