where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kue Wortel Kukus (gluten free, egg free, oil free)

kue-wortel-kukus-gluten-free-oil-free-no-mixer

Rencananyaaa... maksud hatii... awal mulaaaa..hahaha... berlete-lete. Galau nih.. rencana bikin bolu kukus wortel jadinya kok malah bingka alias bika wortel :D. Padahal sudah pakai baking powder. Berarti nih kue kelebihan cairan. Eksperimen ini tujuannya mau bikin cake wortel tanpa telur, tanpa minyak, tanpa terigu dan minim gula. Dan supaya lembab walau tanpa minyak maka cakenya kupikir bagus kalau dikukus. Dan karena pakainya wortel mentah yang pengalaman aku, bisa turun ke dasar loyang pas dimasak, karena berat, sedangkan pakai tepung beras cenderung membuat adonan encer, tidak bisa menahan si wortel tuk tetap ditempatnya. Maka aku mikir gimana ya supaya adonannya kental. Jadi si wortel tetap bisa di tempatnya. Terpikirlah pakai pisang.

kue-wortel-tradisional-enak

Oke deh blender semuaaaa.. campuurr.. kukus. Dan hasilnyaaa...'Enaaaakkk,  Manis guriiihhh...'anak-anak gak nyangka juga doyan. Tapi bentuknya itu loh..padet, gak mengembang samsek. Kalau dipanggang jadilah bingka wortel, atau kalau orang bule jadi puding kali ya. Vegan Baked Carrot Pudding :D. Kalau dibungkus daun dan dikukus jadilah nagasari wortel atau pais wortel kata orang Banjar. Soalnya rasanya mirip juga dengan pais waluh (nagasari labu kuning, tanpa pisang) buatan nenekku, xixixxi.. Akhirnya namanya gak jadi cake deh. Tapi cukup KUE saja. Tahu begini besok lagi kalau bikin gak perlu pakai baking powder deh, sia-sia saja, xixixi..Karena rasanya yang enak dan bahannya lumayan sehat akhirnya tetap ku foto dan pajang di blog, :D


kue-wortel-tanpa-telur-tanpa-minyak

Kue Wortel Kukus (gluten free, Egg free, oil free)

Bahan A: campur jadi satu

1 cup (100 gr tepung beras)
1  sdt baking powder

Bahan B: blender semua sampai halus

200 gr wortel~ternyata setelah dikupas punyaku cuma 189 gr
50 gr pisang, ditimbang tanpa kulit ~ aku pakai satu biji pisang kepok
3 sdm gula palem
1/2 sdt garam
100 ml santan ~ aku pakai kara

Cara Membuat:

  1. Didihkan kukusan / panaskan panggangan
  2. Campurkan bahan B ke bahan A, aduk rata
  3. Masukkan kedalam loyang kecil, aku pakai loyang kotak 15x15x5, tanpa dioles apa-apa. Kalau takut lengket mau dioles minyak juga boleh
  4. Kukus /panggang  25 menit
  5. Ku nikmati dengan segelas kopi (y)


2 Responses to "Kue Wortel Kukus (gluten free, egg free, oil free)"

  1. Teh..kok kue ku ga ngembang yah?teksturnya malah kyk kue lumpur..kenyal2 ga kyk kue gitu..kenapa yah teh?nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ini memang ga mengembang kuenya, he he makax namax kue saja bukan cake. Itu sy tulis di pembukaan sebelum resep klo kuenya rasanya kayak nagasari :D

      Delete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)