where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sambel Telenyeng (Sambal Bawang Mentah)

sambel-bawang-mentah-khas-sunda


I lop lop lop sambel. Tapi gak doyan yang hardcore ya. Yang sedang-sedang saja. Contoh Kalau makan gado-gado cabenya cukup 2 saja, hehe... kali ini aku mau posting salah satu resep keluarga. Eh, gak juga kali ya. Cuma setahuku ini salah satu sambel khas sunda. Yang pernah ku makan tu ada dua jenis yaitu sambel goang dan sambel telenyeng. Sambel-sambel yang lain aku belum tahu. Eh ada ding yaitu sambel cibiuk :D.

Nah yang sekarang mau ku posting ini sambel telenyeng. Kalo lihat tahu goreng dan ikan asin ingatnya langsung sambel telenyeng ini deh. Kalau di jawa ini namanya sambel korek kali ya, tapi pakainya bawang putih. Soalnya aku lihat juga di blognya mbak diahdidi sambel korek pakai bawang putih, hehe... Sambel telenyeng ini bahannya praktis banget dan paaaassss banget dimakan pakai tahu goreng, bala-bala, ikan asin bahkan telor rebus. Kalau tempe menurutku kurang pas. Tempe cocoknya dibikin sambel tempe pakai bawang putih dan kencur, hehehe...
Oke ini resep buat personal ya. Biasanya cukup buat ku seorang. Siap-siap mulut bau orai hejo (ular hijau) =D

Sambel Telenyeng (sambal bawang mentah)

Bahan:

2 butir bawang merah potong-potong
3 biji cabe rawit (yang suka pedes banyakin aja)
Air mateng 3-4 sdm
Garam dan penyedap secukupnya

Cara Membuat:Haluskan semuanya kecuali air. Kalau sudah halus beri air lalu aduk rata. Sajikan dengan nasi, opak ketan beleum, tahu, ikan asin dan bala-bala bakwan. Mantaaappp. Tapi habis makan sambel ini langsung gosok gigi ya :D

0 Response to "Sambel Telenyeng (Sambal Bawang Mentah)"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)