where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Nugget Ayam Panggang Sehat dan Praktis


Ide awalnya mau bikin chicken patties kayak mbak Hesty-myworkfart. Tapi pas lihat bahannya kok jadi goyah. Cuma gara-gara tepung panir aja asih. Soalnya sekarang aku lagi diet gluten. Akhirnya coba aja ngasal masukin tepung ketan, tadinya sih mau maizena tapi habis. Pas udah dimasak wowwww... enaaaaaakk banggeeettttss, guriiih, ayam bangeet. Mirip banget sama nugget ayam  ku. Ya eyyalah kan bahannya juga kurang lebih. Walaupun penampakannya lebih mirip perkedel ya, xixixxi... Bedanya dengan nugget gorengku sebelumnya, resep nugget panggang ini lebih praktis langsung dimasak. Di panggang di pan anti lengket jadi sangat minim minyak.

perkedel-ayam-sehat

Nugget Ayam Panggang Sehat dan Praktis

Bahan:
1 dada ayam tanpa kulit (250 gr), potong kecil-kecil
50 gr wortel, bersihkan, potong kecil-kecil
2 sdm tepung ketan/maizena
2 bawang putih, potong kecil-kecil
1 telur
1/2 sdt garam

Cara Membuat:

Masukkan semua bahan dalam chopper, proses hingga halus

Adonan akan sangat lengket

Panaskan wajan anti lengket /happycall, bisa dioles 1 sdt minyak, api kecil saja

Masukkan 1 sdm adonan, ratakan hingga agak tipis, tutup wajan
Jika bawahnya sudah kecoklatan, balik, dan masak hingga sisi satunya juga kecoklatan

Noted:

Jika tidak memiliki alat penghalus daging seperti food processor/chopper bisa pakai cara manual. yaitu diulek. Yap, diulek pakai cobek dan ulekannya. caranya:
iris ayam kecil-kecil dan tipis terlebih dahulu, baru pukul-pukul dengan ulekan, kemudian ulek untuk menghaluskan.

Bawang putih bisa sekalian diulek dengan ayamnya. Wortel bisa diparut dengan parutan keju. Kemudian tinggal campur semuanya dengan sisa bahan dan masak.

Insya Allah halus. Soalnya waktu mudik tahun kemarin, aku sempat bingung mau ngajarin adikku bikin nugget karena tidak ada alat. Tiba-tida mamaku memberi ide cemerlang agar ayamnya diulek saja, Alhamdulillah jadi nuggetnya :D






















0 Response to "Nugget Ayam Panggang Sehat dan Praktis"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)