where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cake Cokelat Hemat Lezat A la Jenny Jones

tehninit.blogspot.com
Awalnya nontonin channel youtubenya Jenny Jones (seorang mantan komedian dan pemandu acara talk show di Amerika). Yang ku tonton waktu itu judulnya Easy One Bowl Chocolate Cake. Search aja di youtube videonya dengan kata kunci chocolate cake Jenny Jones Benar-benar gampang kelihatannya dan yang bikin mupeng tuh pas Bu Jenny nya potong cake woowww teksturnya bagus bangeeet.

Karena judulnya aneh kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia jadi ku bikin aja begitu, he he. Lagian emang benar-benar hemat kok karena gak pakai telur, margarin maupun susu. Tapi rasa dan teksturnya nya gak kalah sama yang pakai ini itu. Apalagi kalau sudah dikasih frosting, hwaaaaa...enak bangeeetttt.

Sebagai pengembang cake ini pakai soda kue dan air lemon. Di video itu ibunya wanti-wanti jangan sampai kita ganti soda kuenya pakai baking powder karena hasilnya akan beda. Aku yang punya pengalaman buruk sebelumnya baking pakai soda kue jadi maju mundur karena awalnya udah niat ganti pakai baking powder. Tapi lihat tekstur kue yang kelihatan lembut banget, pori-porinya rapat dan gak beremah bikin aku luluh juga.

Aslinya soda kue 1 sdt tapi karena orang-orang bule kalau pakai pengembang biasanya suka super banyak maka kukurangi jadi 1/2 sdt aja. Lemon ganti pakai jeruk nipis. Aku pakai 1 buah yang kecil tu pas jadinya 1 sdm. Jeruk nipis lagi muahal nih..masa 1 biji kuecil gitu seribuan hikz...

Untuk takaran karena gak punya cup aku pakai gelas plastik volume 200 ml. Sekalian juga aku timbang supaya tahu persisnya berapa. Gulanya juga kukurangi setengahnya. InsyaAllah rasanya udah pas apaalgi dipakein frosting juga.

Pokoknya kalau mau nyontek resep orang barat tu harus waspada sama jumlah gula sama baking powder atau soda kue. Mereka suka pakai sangat banyak. Kadang aku mikir mungkin gula disana kurang manis dan pengembangnya kurang tokcer weheheh..

tehninit.blogspot.com


Cake Cokelat Hemat ala Jenny Jones
(Tanpa mixer, tanpa telur, Tanpa Margarin tanpa susu)

Persiapan
Panaskan oven tangkring api besar ( aku pakai panci stainless yang diberi tatakan pakai api kecil)Olesi loyang bulat diameter 15 cm tinggi 7 cm. Terserah aja sih mau pakai Loyang apaan, he he.. Olesi tipis pakai minyak goreng dasarnya aja. Dindingnya gak perlu

Cup yang aku pakai adalah gelas takar volume 200 ml

Bahan Kering
Dalam baskom adonan campur jadi satu bahan kering
  • 1,5 cup terigu (150 gr)
  • 1/2 cup gula pasir (100 gr)
  • 4-5 sdm cokelat bubuk (25 gr)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt soda kue
 Aduk rata bahan kering diatas (penting!), baru masukkan masukkan bahan basahnya yaitu:

Bahan Basah
  • 1 cup air matang biasa (200 ml)
  • 6 sdm minyak goreng
  • 1 sdm air jeruk nipis/lemon
  • 1 sdt pasta vanila (aku pakai pasta moka)
Cara Membuat:
Aduk semua bahan jadi satu sampai rata. Aduknya pelan-pelan saja ya gak usah kuat-kuat. Tuang ke loyang dan panggang 20 menit. Cek tusuk pakai lidi atau tusuk Gigi kalau sudah tidak ada yang menempel segera keluarkan dari oven. Dinginkan kuenya.

Frosting (krim olesan)
Sementara kuenya didinginkan kita bikin frosting
  • 1 gelas gula pasir, blender sering sampai jadi tepung atau bisa juga pakai gula bubuk
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm margarin atau butter
  • 2-3 sdm susu cair (aku pakai air biasa)
Caranya: mixer margarin, cokelat bubuk dan gula bubuk sampai bergerindil, masukkan 1 sdm susu/air sambil terus di mixer, masukkan lagi 1 sdm susu/air. Sambil dilihat kalau bentuknya sudah oke seperti krim yang bisa dioles bearti sudah jadi.

Oleskan frosting ini kalau kue sudah benar-benar dingin. Karena kalau masih hangat nanti meleleh. Seperti gambarku itu. Cake nya Ku belah dua ku oles tengahnya pakai frosting eh langsung meleleh karena masih hangat. Bisa dilihat itu yang kelihatan agak basah ditengah itu sebenarnya frosting yang meleleh =D

Jika ingin olesan yang lebih hemat dan praktis tanpa mikser bisa klik postinganku yang lain
Resep selai cokelat rumahan lebih sehat (rendah gula) KLIK DISINI
Resep selai cokelat rumahan versi vegan dan gluten free KLIK DISINI

Resep ini memuaskan menurutku. Next time mau aku coba kukus dan oles tengahnya pakai selai bluberi baru permukaannya yang di frosting, tempelin DCC serut woowww kayak black forest dong ya :D

2 Responses to "Cake Cokelat Hemat Lezat A la Jenny Jones"

  1. Bunda....Maaf mu Tanya klo resep ini apa bisa dipakai buat resep cupcake ?

    ReplyDelete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)