where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cilok Kuah Cuko ( setoran 1)

Di grup masak yang kuikuti yaitu MBM (muslimah belajar masak, Ikhwan dilarang masuk) September lalu mengadakan kontes resep dengan tema Modifikadi Jajanan Traditional Berbahan Tepung Ketan/Beras ketan. Jadi resep-resep tradisional gitu di modif jadi kekinian dengan syarat bahannya mudah didapat, murah meriah dan layak untuk jualan, hehe..

Aku semangat ikutan bukan karena menangnya sih tapi nantangin diri sendiri saja karena kan aku terobsesi sama resep-resep modif yang hemat. That is why this blog called low budget kitchen =D. Untuk setoran pertama aku bikin Ini. Setelah beberapa hari baru aku sadar kayaknya kurang pas ini resepnya. Xixixi..secara kan syaratnya resep yang dari sononya udah berbahan tepung ketan  atau beras ketan. Kalau ini sih mengganti bahan aja he he... Gapapa lah pengalaman pertama.

Cilok kuah cuko ini enak banget lo.. Walaupun lebih enak lagi  cilok ikan kuah cuko yang aku bikin sebelumnya. Tapi lumayan kan kalau mau dijual dengan tampilan beda daripada cilok bumbu kacang aja. Btw kayaknya apapun yang dikuah cuko enak ya. Misal sendal jepit kuah cuko kan kenyal-kenyal juga =D. Upsss soriii mengawur.. Ini resepnya yang aku ikutkan lomba. Resep ciloknya dari mbak Erni Risna

Cilok Kuah Cuko

Takaran gelas yang digunakan bebas asal gelasnya itu-itu saja. Aku pakai gelas volume 200 ml
Bahan Cilok
1 gelas tepung ketan
1 gelas tepung tapioka
1 sdt garam/sesuai selera
Cincangan bawang daun/seledri jika suka (saya gak pakai karena lebih suka polosan)
Air secukupnya sampai adonan bisa dipulung (tadi saya habis 3/4 gelas)

Cara Membuat:
  • Didihkan air yang banyak
  • Campur semua adonan cilok, tambah air sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga menjadi adonan yang dapat dipulung
  • Pulung adonan sebesar kelereng atau sesuai selera dan langsung cemplungkan dalam air mendidih
  • Masak dengan api sedang hingga semua mengapung

Kuah Cuko:
75 gr -100 gr gula merah
1 sdt garam

Blender halus:
300 ml air
3 siung bawang putih
1 Buah cabe merah besar
1 ruas jempol asam jawa

Cara membuat kuah cuko:
Campur bahan blenderan dengan gula merah dan garam
Rebus hingga mendidih, kecilkan api rebus kembali dengan api sangat kecil sekitar 5 menit hingga bumbu matang dan bau langunya hilang.

Penyajian:
Tiriskan cilok taruh dalam mangkok, siram kuah cukonya. Kenyal-kenyal segerrrr





0 Response to "Cilok Kuah Cuko ( setoran 1)"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)