where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Terang Bulan alias Martabak Manis Lembut


 

Sudah berkali-kali bikin terbul tapi gagal terus. Mau coba-coba lagi kadang bingung karena ada buanyaaak versi resep. Suatu hari dianterin mama Arya tetangga sebelah rumah terang bulan yang dia cetak mini pakai snack maker. Hmmm enaaaak. Beliau posting juga resepnya di fb. Besoknya langsung uji coba dan alhamdulillah berhasil.


Udah gak kehitung berapa kali bikin karena suka banget. Kata mama Arya resep asli dari mbak Selma Wahidah. Makasih yaa mbak-mbak semua. Resepnya aku ubah sedikit mengganti susu dengan santan dan meniadakan margarin. Aslinya di adonan ditambahkan 50 gr margarin leleh. Hasilnya enak n lembut walau sudah dingin. Aku coba pakai susu juga lembut. Sama-sama enak tapi lidahku lebih suka santan. Suka-suka saja. 

Apakah ini yang namanya martabak bolu? entahlah.. soalnya gak pernah makan martabak bolu, hehe.. yang jelas terang bulan ini buka jenis terbul yang kenyal-kenyal kayak di abang-abang atau paklek-paklek. Kalau mau yang seperti mereka banyak juga sudah resepnya di share sama blogger lain. Resepnya pakai soda kue yang ditambahkan sesaat akan dituang ke wajan. Okeh ini resep terbul yang sekarang jadi favorit aku dan anak-anak.
Terang Bulan alias Martabak Manis Lembut

Bahan kering, diaduk rata:
300 gr terigu
1/2 bungkus ragi instan (6 gr)
1/2 sdt garam
100 gr gula pasir

Bahan basah diaduk rata:
400 ml air/santan sedang/ susu cair
2 butir telur
50 gr margarin dicairkan (optional, aku gak pakai)

Topping sesuai selera bisa meses, keju parut, susu kental Manis dll

Cara membuat:
  • Tuang bahan bahan basah ke bahan kering sambil diaduk rata dan licin. Saring bila perlu. Diamkan 30 menit dengan ditutup serbet
  • Panaskan snack maker/wajan dadar anti lengket. Beri sedikit margarin. Tuang adonan secukupnya. Tutup dan masak dengan api kecil hingga permukaannya kering / tidak ada lagi adonan mentah.
  • Angkat beri topping sesuai selera

0 Response to "Terang Bulan alias Martabak Manis Lembut"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)