where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cake Cokelat Wortel Oatmeal

Cake Cokelat Wortel Oatmeal sehat


Ini dia setoran kedua dalam rangka  #KontesMBM Cake Sehat 2015. Semangat ya aku soalnya selain memang suka eksperimen cake sehat juga mupeng sama hadiah utamanya yaitu mixer. Pas banget beberapa hari sebelumnya mikserku tewas pas lagi bikin cake kukus labu kuning. Lagi nge-mikser setengah jalan kok miksernya empot-empotan, ku matiin beberapa saat, beberapa detik aja sih, hehe.. trus nyalakan lagi, masih empot-empotan. Karena ini cakenya tanggung akhirnya ku paksa saja jalan miksernya.. eh kok tercium bau gosong, sebelum sempat aku sadar sepenuhnya, dari lubang udaranya itu terlihat nyala-nyala, buru-buru matiin miksernya. positif, miksernya kebakar, korslet, innalillah..

Nah begitu beberapa hari kemudian keluar pengumuman ini di grup aku langsung tersengat perasaan bahagia, aku merasa lomba ini memang untukku, dia ditakdirkan ada memang karena Allah berkehendak pas seperti itu. Pas dengan kondisi diriku yang hobi eksperimen cake hemat sehat dan sedang sengsara karena tidak punya mikser #tsaaaahh... geer kebangetan. Perlu diketahui bahwa mikser tersebut adalah pemberian ibu mertua tercinta. Sudah berusia 20 tahun lebih, merk nya tiger dan beliau beli dari tukang jualan keliling #informasi gak penting. 
 
Usut punya usut ternyata yang bersemangat dengan kontes ini banyak.. dan rata-rata pada mengincar mikser juga, dengan alasan yang sama denganku yaitu miksernya juga lagi rusak #nangis. Rupanya mungkin masing-masing menganggap ini lomba memang buat mereka, sama kayak pikiranku, wkwkwkwk...
 
Setoran kedua ini sekaligus setoran terakhir karena pas aku selesai posting resep ini di komenin admin bahwa maksimar dua resep saja. Wah padahal aku dah rencana mau eksperimen bayam juga. Mungkin admin belajar dari kontes sebelumnya yang mana aku mengirim sampai 4 resep, wkwkwkwk..
 
Untuk resep ini telurnya coba kutiadakan, pengen tau aja sih bakalan gimana. Ternyata teksturnya sangat beremah sodara-sodara. Kalau gak benar-benar dingin waktu memotong cakenya bisa-bisa hancur lebur. Itulah mengapa yang kutampilkan cuma 2 potong karena yang lain jelek-jelek gak rapi potongannya, xixixixi... Ini terjadi karena cakenya mengandung oatmeal dan diperparah dengan tidak adanya telur sebagai pengikat. Itulah kelemahan dari cake ini, selebihnya enak kok..padet mirip brownies, agak bikin cepat kenyang dan beneran gak kerasa sama sekali wortelnya, heran deh aku.
 
Kue yang sangat beremah ini bisa diakali dengan memanggangnya dalam cetaakan cup kecil, loyang cupcake atau muffin. Resepnya hampir sama aja kayak setoran resepku yang pertama yaitu Tart Wortel Oatmeal, hanya saja ditambah cokelat bubuk dan dihilangkan telurnya.  Berikut resepnya;
 
Cake Cokelat Wortel Oatmeal

Cake Cokelat Wortel Oatmeal
( tinggi serat, non terigu, no telur, no Margarin, rendah gula)

Bahan kering:
1 cup (80 gr) oatmeal instan
1 cup (110 gr) tepung beras
1/2 cup (125 gr ) gula pasir
1 sdt soda kue (jangan diganti baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
1/3 cup (35 gr) cokelat bubuk
1/2 sdt garam
Aduk bahan kering hingga rata, kemudian masukkan 250 gr (ditimbang setelah dibersihkan) wortel buah
(wortel impor yang warnanya jingga cerah itu lo) yang sudah diserut halus, aduk rata, sisihkan

www.tehninit.com

Bahan basah, diblender halus:
1 cup (225 ml) air matang
1 sdm cuka atau 1 sdm perasan jeruk nipis atau lemon
70 ml minyak goreng
 
Cara membuat:
  • Panaskan oven
  • Olesi Loyang tipis2 dengan minyak goreng
  • Tuang bahan basah ke bahan kering, aduk rata
  • Tuang ke loyang, oven dengan api sedang hingga matang.
  • Jika sudah 20 menit cek tusuk. Jika sudah tidak menempel langsung keluarkan dari oven, dinginkan.
  • Jangan sampai overcooked

0 Response to "Cake Cokelat Wortel Oatmeal"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)