where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Cake Labu Kuning Panggang asal-asalan


cake labu kuning no mixer

Saking putus asanya bikin cake atau labu kuning ini lahirlah resep ini. Bolu labu kuning adalah kue yang puaaaling sering ku bikin dirumah. Pokoknya sebulan tu ada aja lah barang 3 atau 4 kali bikin. Tapi yang bikin kesal selalu saja hasilnya gak pernah sama walaupun takaran resep sama. Kadang bagus moist, kadang terlalu basah, kadang malah kekeringan. Ku duga sih karena jenis labu kuningnya yang bikin pengaruh.

Akhirnya pas kemaren beli 1/2 biji labu kuning yasudahlah brak bruk jadilah kue ini. Alhamdulillah enaaakkkk. Sulthan sampai minta dibikinkan lagi. Kalau lihat labu kuning sudah dipotong dan warnanya menggiurkan tanpa pikir panjang biasanya aku langsung beli. Minimal 1/4 biji. Sampai rumah langsung kukus, simpan deh. Sebagian biasanya dimakanin Syamil. Karena tanpa mixer selain baking powder ku tambahkan juga sedikit soda kue. Karena pengalaman waktu bikin cake cokelat lembut tanpa telur Jenny Jones yang cuma pakai soda kue kok hasilnya moist banget jadi aku coba terapkan juga disini. Dan sepertinya sih it works :D.  Hasilnya lebih baik jika hanya pakai baking powder saja.

Setelah sekian banyak pengalaman bikin cake labu kuning yang absurd :D sedikit banyak aku jadi belajar pilih-pilih jenis labu kuning yang enak. Kalau untuk sayur bisa apa saja sih kalau aku. Tapi dirumahku kebanyakan labu kuning tu buat kue. Biasanya kalau labu kuning berwarna kuning cerah itu kurang bagus buat kue. Kalau sudah dikukus dia jadi cangor kalau orang sunda bilang, alias gak pulen. Yang bagus tu yang warnanya kuning butek hampir ke cokelat muda. Tandanya dia sudah tua, dagingnya pulen. Kalau setelah dikukus kita makan rasanya manis dan teksturnya hampir-hampir mirip ubi. Ini yang pas buat kue ataupun kolak.

Itu aja sih pengalaman pendekku bersama si labu kuning. Entahlah untuk jenis lain kayak diluar sono seperti kabocha atau butternut squash. Lha di Muara Badak itu saja adanya. Jadi untuk simpelnya aku klasifikasikan sendiri berdasarkan warna, teori ngawur =D.

Resep dibawah menggunakan labu kuning yang warna daging buahnya kuning butek ya. Yang pulen mirip ubi dan enak dimakan begitu saja.

Mau bikin cake labu kuning dari tepung beras atau  donat labu kuning panggang? silahkan klik Labu kuning mania


Cake Labu Kuning Panggang No Mixer 

Bahan Kering, diaduk rata dibaskom adonan:
 200 gr terigu
100 gr gula
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1 sdt kayu manis bubuk (bisa juga diganti 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Basah, diblender halus:
2 telur
100 ml minyak goreng
300 gr labu kuning kukus

Cara Membuat:
  • Panaskan oven/panci panggangan
  • Olesi loyang dengan minyak goreng
  • Campur bahan basah ke bahan kering, aduk rata
  • Tuang ke loyang, oven sampai matang. Sekitar 25-30 menit

0 Response to "Cake Labu Kuning Panggang asal-asalan"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)