where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Capcay Hati Ayam Saus Tiram



capcay hati ayam saus tiram

Suatu hari pengeeeen banget makan capcay. Bukan capcay sembarangan tapi capcay favorit aku yang pakai hati ayam melimpah. Dulu dapat resepnya di blognya Bunda Inong. Coba bikin langsung suka secara memang penggemar hati ayam. Sejak itu resep capcay beliau jadi andalan aku deh. Tapi setelah sering bikin ternyata abi bilang dia tak suka saus tiram. Yaaah padahal ini juga faktor yang bikin enak. Akhirnya kalau bikin gak pernah pakai saus tiram lagi.

sambal goreng hati ayam minimalis
Sambel Goreng Hati Ayam

Nah beberapa waktu lalu kangen berat sama capcay favoritku ini. Akhirnya nekat aja bikin seperti seharusnya pakai saus tiram. Biar saja sekali-sekali abi mengalah lah ya.. xixixi.. Capcay model berkuah begini paling cocok digado saja. Dengan rasa pedas merica yang agak kuat plus gurihnya saus tiram bikin gak bisa berhenti nyendokin, hehe.. Beli hatinya banyak-banyak karena abi bilang kepingin hatinya di sambel goreng. Oke deh.. beli hati 30 ribu. Dapat sekitar 15 pasang. Yang 5 di capcay yang 10 di sambel goreng. kata bapak penjual hatinya kok banyak banget beli hatinya. jangan kebanyakan nanti asam urat lho. Wah baik banget ya penjualnya ngingetin. yaiyalah kan penjualnya pak RT :D

Tapi itu jadinya gak banyak karena kita sama-sama gak suka ampela. Jadi ampelanya dikasih tetangga yang memang doyan, hehehe.. Aku dari kecil memang gak suka ampela. Untungnya tetehku suka jadi kita makannya bisa berbagi. Menurutku ampela tu rasa sendal jepit :D. Kebalikannya bapakku gak suka hati ayam, alasannya kata bapak hati ayam tu rasa kentut ayam, hahaha.. hedeh si bapak kayak pernah tau ada ayam kentut =D

Untuk sambel gorengnya pakai bumbu minimalis aja. Aku suka begitu soalnya menurutku lebih original dan sedep rasanya. Bumbunya sama kayak resep sambel goreng kentang praktis minimalis yang pernah aku posting beberapa tahun lalu. Tinggal disesuaikan rempahnya kalau mau ditambah bawang putih, lengkuas, salam ataupun daun jeruk. Bahan bisa ditambah tahu atau kentang goreng yang dipotong dadu biar lebih banyak oke-oke saja. Sesuaikan saja jumlah bumbu dan banyaknya bahan. kalau foto diatas aku pakai hati semua. Sekali-sekali lah.. setahun sekali juga belum tentu low budget kitchen masak pure sambel goreng hati, kasiman deh =D. Hatinya juga aku kukus, digoreng juga bisa, cuma biar lebih sehat aja gitu, makan jeroan kan, biar gak tambah parah kolesterolnya =D

Untuk capcaynya ini resepnya. Gak pakai takaran ya.. hehe
capcay hati ayam saus tiram

Capcay Kuah Hati Ayam 

Bahan:
Hati ayam (bisa pakai ampelanya juga kalau suka), dikukus, buang kaldunya yang keluar. Dinginkan, potong-potong sesuai selera
Air secukupnya

Pilihan Sayuran:
wortel
sawi putih
sawi hijau
Buncis
kol
kentang 
Bersihkan dan potong-potong sayuran yang digunakan

Bumbu-bumbu: 
Bawang putih, cincang halus
bawang daun, iris halus
seiris jahe, geprek
saus tiram
merica bubuk
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:
  • Tumis bawang putih, bawang daun dan jahe dengan sedikit minyak hingga wangi
  • Masukkan wortel yang sudah diiris tipis, beri air hingga wortel terendam. Masak sekitar 5 menit atau hingga setengah matang.
  • Kemudian masukkan semua sisa sayur, hati ayam, saus tiram, beri air secukupnya hingga semua bahan terendam. Didihkan
  • Beri garam, gula dan merica bubuk, sambil di cicipi rasanya hingga sesuai selera. Masak hingga semua sayuran matang.
  • Sajikan hangat-hangat dengan telur rebus

0 Response to "Capcay Hati Ayam Saus Tiram"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)