where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Ikan Layang Asam Manis A la Mamaku

Ikan Asam Manis Ala Banjar Mamaku
 Beberapa waktu lalu adikku BBM. Katanya dia dan suaminya baru pulang dari rumah ortu dan pulang dengan membawa ayam asam manis mama. Aku langsung merasa aneh. Mama? masak asam manis? Langsung saja kuminta jelaskan ayam asam manisnya bagaimana bentuknya karena setahuku mamaku gak pernah masak asam manis. Karena setahuku pula yang namanya asam manis tu ikan atau ayam goreng tepung yang diatasnya disiram saos asam manis  yang bahannya saos, nanas dan bumbu-bumbu.

Setelah dijelaskan adikku baru aku ngeh. Oalaaah itu toh.. Salah satu masakan khas mamaku. Dari aku kecil suka masak pakai cara ini. Isinya bisa macam-macam. Ikan layang (mamaku menyebutnya ikan pindang), layang asin, tongkol, nila, ayam bahkan telor mata sapi, hehe,, Semuanya enyak dimasak seperti ini. Nah masalahnya aku gak tahu ini namanya masakan apa. Mungkin karena rasanya asem manis jadi sama adikku dikasih judul itu, hahaha..

Untuk cabenya sengaja aku pakai banyak cabe ijo karena aku memang sukaaaaa banget sama cabe ijo. Jadi suka-suka aja mau pakai cabe apa.

 
Ikan Asam Manis Ala Banjar Mamaku
Gara-gara itu aku jadi kangen deh sama masakan mamaku yang satu ini. Dan agak menyesal juga kenapa aku sampai lupa setelah bertahun-tahun menikah. Padahal ini enak bengeeet dan pastinya sangat mudah dibuat. Hemat pulak.. isinya sesuai kondisi kita.. kalau sedang  kering ya tahu juga boleh, hehehe.. 

Ikan Asam Manis Ala Banjar Mamaku
Ikan Layang Asam Manis A la Mamaku

Bahan:
10 ekor ikan layang ukuran kecil (kira-kira 1/2 kg), bersihkan, goreng hingga matang
500 ml air
2 sdm gula merah sisir (sesuai selera manis)
1 sdt garam
1/4 sdt penyedap
air asam jawa secukupnya (2 ampai 3 sendok makan, sesuai selera asam)

Bumbu Iris:
3 bawang putih
5 bawang merah
5 cabai hijau
1 cabai merah
10 buah tomat kecil atau 2 buah tomat merah besar

Cara Membuat:
  • Tumis bumbu iris dengan 2 sdm minyak hingga wangi, masukkan air, garam, gula dan penyedap dan air asam jawa. Biarkan mendidih
  • Masukkan ikan, didihkan. Tutup wajan, kecilkan api dan masak 15 menit hingga kuah menyusut dan bumbu meresap. Gunakan api paling kecil ya
  • Koreksi rasanya, tambah apa yang kurang. Mantap bangeeett
Tips:
Ikan layang bisa diganti ikan tongkol, nila, ayam, telur mata sapi, telur dadar maupun tahu. Semua bahan digoreng terlebih dahulu sebelum diceburkan kedalam wajan

Ikan Asam Manis Ala Banjar Mamaku

2 Responses to "Ikan Layang Asam Manis A la Mamaku"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)