where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kering Tempe A la Mamaku

kering tempe a la mamaku
Kering tempe ini ini nama aslinya apa ya? soalnya ada yang bilang ini orek tempe bahkan mamaku bilang ini sambel goreng tempe walaupun gak pakai cabe, xixixi. Tapi aku lebih sreg menyebutnya kering tempe. Ini adalah salah satu makanan favoritku dari kecil yang lumayan sering dibikin mamaku. Rasanya enak banget manis gurih. Sama mama kadang ditambahin kacang goreng, teri goreng, bahkan usus ayam goreng, aku suka semuanya, hohoho... Bahkan pernah waktu masih kuliah di Banjarmasin mamaku bawakan satu toples kering tempe ini buat bekal lauk dikos, eh malah dihabisin teman-temanku. Mulut mereka sambil ngunyah sambil muji-muji enak banget enak banget sementara tangannya gak berhenti-berhenti nyomotin. Udah habis baru mereka pada bubar, hedeehhh..-_-..

kering tempe a la mamaku
Setelah menikah aku  juga sering bikin ini. Sama aku ditambah-tambah sendiri bumbunya biar makin seddeeepp. Sesimpel apapun bumbunya, walau hanya bumbu dasar bawang merah, putih dan kecap aturannya cuma satu : Jumlah bumbu harus banyak. Dulu aku suka bingung kenapa ada kering tempe yang enak dan gak enak. Bahkan pernah bibiku bikin banyak dan sedikit yang makan, padahal konsumen terbesar kering tempe dirumah adalah aku. Beliau sampai nodong aku katanya "Nit, katanya kamu suka kering tempe, makan nih". Aku cuma cengengesan terus kabur. Lha punya bibiku gak enak, wkwkwk... Aku masih ingat rasanya itu tawar, kurang bumbu gitu, kurang medhok, beda sama yang dibikin mamaku. Tapi aku waktu itu gak ngerti soal bumbu. Tahunya hanya enak gak enak.

Suatu hari aku dapat pencerahan dari tabloid Saji. Di cover belakang memuat aneka resep kreasi aktor senior Mathias Muchus. Salah satunya kering tempe favoritku ini. Kata beliau kering tempe yang enak itu yang bumbunya banyak dan basah juga pedas. Hmmmm gitu toh rahasianya. Enaknya kering tempe ini pedas, tapi karena anak-anak juga doyan jadi umminya mengalah deh :D
kering tempe a la mamaku
Kering Tempe A la Mamaku

Bahan:
1 papan besar  tempe sekitar 400 gr (punyaku 1 papan ku timbang 384 gr)
1/2 gelas (100 ml air)

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas muda (jika tua, cukup digeprek saja)
cabe merah atau cabe rawit secukupnya --> aku gak pakai karena anak-anak juga suka

Bumbu Lainnya:
1 sdt munjung ketumbar bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt penyedap
2 sdm gula merah sisir
3 sdm kecap manis
2 sdm air asam jawa (opt, lebih sedep aja kalau pake. Gak pakai tetap enak banget kok)

Cara Membuat:
  • Tempe diiris-iris tipis memanjang, goreng sesuai selera. Jika suka empuk, goreng sekadar kuning keemasan. Jika suka kriuk, gorenglah sampai kering agak kecoklatan
  • Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan air dan semua bumbu lainnya, didihkan. Kecilkan api, biarkan mendidih sampai air agak menyusut dan bumbu agak mengental, sekitar 5 menit
  • Masukkan tempe goreng, aduk-aduk hingga rata dan semua tempe terbalut bumbu. Koreksi rasanya, jika sudah pas, matikan api
  • Enak buat lauk maupun cemilan :D

0 Response to "Kering Tempe A la Mamaku"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)