where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Pisang Peppe', Camilan Murmer dan Mantap Khas Sulawesi


pisang peppe'

Pisang peppe' ini camilan tradisional orang Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Setidaknya itulah yang kutahu dari pergaulan dengan orang-orang di Muara Badak sini. Makanan ini camilan yang sangat cocok buat kumpul-kumpul karena murah meriah, enak, kriuk-kriuk dan bikin semangat karena makannya pakai sambal.

 pisang peppe' tehninit

Awal aku berkenalan dengan pisang peppe' ini tak disangka tak diduga. Aku bahkan tak pernah mendengar namanya sebelumnya *tsaaaaah*. Waktu itu aku dan suami plus ana-anak jalan-jalan ke rumah seorang teman di kawasan Desa Salok Pelai. Mbak Risma dan suaminya, teman kami ini dulunya mantan tetangga ngontrak di komplek dan sekarang sedang berjuang membangun rumah impian mereka sendiri *iri.com*. Rumah berdinding batako itu sebagian besar mereka kerjakan sendiri. Bahkan suami istri itu bikin batakonya sendiri loh. Hanya hal-hal tertentu yang memang tidak bisa terpaksa mereka serahkan ke tukang. Waktu pertama kesana rumahnya baru jadi pondasi dan satu kamar multifungsi. Ya tempat tidur, ya dapur ya ruang tamu. Nah waktu terakhir kesana mereka sudah pindah ke area yang lebih luas yaitu dapur. Tempatnya lebih baik karena sebagai ruangan multifungsi dapur lebih luas plus dekat kamar mandi.

Tak berapa lama ngobrol dengan pemilik rumah datanglah teman yang lain yaitu mbak wiwi dan anaknya. Mbak Wiwi bawa satu sisir besar pisang kepok mentah tapi sudah tua plus beberapa jenis bumbu dapur. Katanya mereka mau bikin pisang peppe'. Dengar makanan otakku langsung encer huehuehue. Aku penasaran apa yang bisa dibuat dari satu sisir pisang mentah selain keripik pisang?

Aku mengikuti langkah demi langkah pembuatan resep ini dengan seksama dan perasaan excited karena akan mendapat resep cemilan baru yang unik dan apakah enak. Bagaimana rasanya saudara-saudara? enak bangeeeeddddddd ded ded ded *pake echo*. Pisang yang di peppe' (geprek) dan kemudian digoreng itu memiliki tekstur renyah, kriuk diluar dan empuk didalam. Ajaibnya rasanya gurih walau digoreng tanpa garam. Dicolek sambel terasi bikin rasanya makin enak mabuk kepayang. Howaaaaa aku yang kesana rencananya lagi diet. Langsung buyar kalap kayak orang buka puasa. Enyaaaaakkkk
pisang peppe' tehninit
Pisang peppe' panggang

Untuk membuat cemilan ini gampang banget..
Pisang Peppe'

Bahan:
pisang kepok mentah, tapi sudah tua dikupas
minyak goreng

Cara Membuat:
  • Goreng pisang dalam minyak secukupnya hingga kekuningan. Tidak perlu sampai kering. Tiriskan
  • Peppe' atau geprek pisang menggunakan cobek dan ulekan hingga melebar. Hati-hati jangan sampai hancur
  • Kemudian goreng kembali hingga kuning keemasan dan renyah (matang). Angkat, tiriskan
  • Hidangkan hangat-hangat dengan sambal terasi 
Catatan: Jika sedang mengurangi minyak pisang bisa hanya di panggang di teflon saja. Rasanya tentu tidak segurih dan serenyah yang digoreng. Tapi tetap enak ketika dicocol kesambal :D

Bahan sambal terasi:
5 butir Bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah tomat merah
3 buah cabe merah besar (lebih juga boleh)
cabe rawit secukupnya
1 sachet terasi (kami pakai ABC)

Bumbu-bumbu: 2 sdm gula merah sisir (sesuai selera)
garam dan penyedap sesuai selera

Cara Membuat Sambal Terasi:
  • Potong-potong kasar dan goreng semua bahan sambal dalam sedikit minyak hingga harum dan matang
  • Transfer ke dalam cobek, masukkan bumbu-bumbu
  • Ulek hingga halus. Koreksi rasanya, tambahkan bumbu sesuai selera
   


pisang peppe' tehninit
sambal terasi

pisang peppe' tehninit
mangstap

0 Response to "Pisang Peppe', Camilan Murmer dan Mantap Khas Sulawesi"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)