where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal

Entah sudah keberapa kalinya aku bikin roti. Dengan berbagai resep dan metode. Jadi sih jadi, tapi hasilnya selalu C, cukup keras, heheheh.. Aku tahu sebabnya kenapa begitu, karena pengulenan yang tidak sampai elastis. Memang sih  apapun resepnya selama diuleni dengan baik yang benar yaitu sampai kalis elastis pasti akan bagus hasilnya. Serat roti akan terbentuk cantik dengan rasa yang sedap walaupun minim bahan. Setelah melalui berbagai eksperimen selalu saja hasilnya sama maka aku mengambil suatu kesimpulan penting : aku harus punya mixer besar, heavy duty, yang bisa diperintah menguleni adonan roti sampai kalis elastis dalam waktu singkat dan tanpa mengeluh, kesimpulan macam apaan ituh! huehuehue.. kusimpan mimpi tersebut dalam wishlist barang-barang impianku yang sebenarnya tak banyak, ehem..

Sambil menunggu mixer impian terkabul aku terus berusaha bereksperimen roti dan donat. Alhamdulillah pencarian akan resep donat yang pas bagiku sudah kutemukan., bisa baca resep donat ulen praktis, dan tak lama kemudian resep roti pun pecah telor. Awalnya aku coba jadikan resep donat andalanku tersebut sebagai roti, tapi ternyata hasilnya kurang memuaskan. Rupanya komposisi roti agak berbeda karena dia dipanggang. Adonan roti membutuhkan lebih banyak kelembaban karena dioven, beda dengan donat yang digoreng, yang otomatis akan dapat ekstra lembab dan gurih dari proses penggorengan.

Berawal dari bergabung disalah satu komunitas kuliner fenomenal yaitu Grup FB langsung Enak beberapa minggu ini, aku langsung asyik mantengin berbagai postingan yang ada. Karena grup ini para anggotanya termasuk sangat aktif sehingga setiap beberapa menit ada saja postingan masuk entah resep, laporan, maupun inspirasi jualan membuat kita tak bosan-bosannya mengagumi  parade postingan tersebut. Termasuk aku, yang paling menarik perhatianku adalah resep Roti Selembut Kapas by Shenny Suzanna yang di rebake oleh salah satu member. Aku langsung terpesona oleh teksturnya, yang difoto terlihat sangat menul-menul dengan serat yang cantik. Setelah kuteliti resepnya aku langsung tepok jidat, pakai tangzhong starter. Aku sudah lama tahu teknik ini dari dapur justtryandtaste-nya mbak Endang tapi gak pernah praktek, huehuehue..

Akhirnya aku memutuskan langsung praktek dan begonya aku langsung dimodifikasi pula. Ada 3 yang ku modif waktu awal bikin:
  1. Telor, air es dan susu dihilangkan
  2. Margarin diganti minyak goreng
  3. Adonan tangzhong dipakai semua (harusnya cuma 3 sdm)
  4. Metode langsung campur ku ganti pakai metode biang, seperti cara aku bikin donat andalan. Soalnya aku trauma pakai cara biasa.
Ini sih bukan modif, tapi rombak jadi resep baru, wkwkwkwk... Hasilnya seperti ini:

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
Lumayan empuk

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
Lumayan bagus seratnya

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
Sukses dijadikan roti gepeng

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
sukses juga dijadikan donat, hehe

Karena tangzhongnya aku pakai semua jadilah adonannya super lengket gak kalis-kalis. Akhirnya kutambah tepung sampai 100 gr, tetap saja masih agak lengket, kubiarkan saja dan alhamdulillah cukup memuaskan untuk percobaan pertama. Percobaan ke-2 dan ke-3 hanya mengurangi jumlah air dengan maksud supaya gak banyak lagi nambah tepung.

Percobaan ke-4 mulai terusik hati ini pengen mencoba resep aslinya. Karena malas ada sisa adonan tangzhong, maka adonan tangzhongnya aku bikin 1/2 resep. Kupikir itu kira-kira sama saja dengan 3 sdm. Lemaknya tetap pakai minyak goreng 50 ml. Sisanya sesuai resep asli termasuk pakai metode yang kutakuti yaitu sistem campur semua. Lagi-lagi adonannya gak kalis-kalis, lengket terus. Akhirnya gak kuulen tapi banting-banting saja sebisanya cuma 5 menit. Tepungnya gak kutambah dan supaya mudah dibentuk aku oles tanganku pakai minyak, tidak pakai terigu karena pengen sesuai resep aslinya. Hasilnya seperti ini:
Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
adonan tidak kalis, tetap oke

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
Sangat memuaskan

Begitu keluar oven, diamkan sebentar langsung cepat-cepat sobek rotinya dan rasanya hatiku tersobek-sobak. Kenapa gak dari dulu pakai sesuai resep, sok tahu jadi orang sih. Enak bangeeeet rotinya, lembuuutt. Tapi gak papa dari 3 percobaan sebelumnya aku tetap dapat banyak ilmu yang menginspirasiku tuk percobaan selanjutnya.. Aku terus bikin roti dan terakhir, kemarin adalah kali ke-9 aku bikin. Dan dipercobaan ke-8 aku temukan ini, roti dengan rasa roti tawar yang empuk, bahan super hemat, cepat menguleninya. Sebenarnya ini pengulangan dari percobaan ke-1 hanya metodenya pakai metode langsung campur dan pakai air es. Ternyata penggunaan air es memberi dampak signifikan ya, Adonan lebih empuuk, dan ini sudah kubuktikan sendiri.


Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
Roti tawar empuk, bahan super hemat

Terakhir bikin roti yaitu kemarin, yang ke-9 kali aku cuma coba ganti air es-nya dengan susu dingin. Susu kental manis 75 ml ditambah air hingga jadi 200ml. Hasilnya kok gak jauh beda sama yang gak dipakein susu yak, entahlah kalau nanti coba pakai susu UHT atau susu bubuk fullcream. Sementara untuk roti tawar sudah puas bingiiitttss sama resep ini. Berikut resepnya ya.. Resep asli sumber inspirasi aku sertakan dibawahnya


Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal


 Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal

Bahan Kering:
500 gr terigu (diresep ini aku pakai terigu curah/kiloan  yang biasa ada diwarung-warung)
1 sdt garam
50 gr gula pasir
1/2 bungkus ragi instan misal haan atau fermipan


 Bahan Basah: 50 gr minyak goreng (70ml)
200 ml air es
1 resep water roux (tangzhong starter)



Tambahan: 
50 gr terigu untuk membantu pengulenan
Buat water roux:
50 gr terigu
250 ml air
Campur dan aduk rata, panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental, dinginkan.

 

Cara Membuat: 
  • Dalam baskom adonan yang besar campur semua bahan kering, aduk rata (penting!)
  • Masukkan semua bahan bahan basah ke baskom bahan kering, aduk rata pakai sendok kayu saja (pakai tangan juga boleh sih)
  • Terakhir masukkan semua water roux ke dalam adonan, aduk rata pakai tangan
  • Siapkan meja datar atau nampan lebar, atau seperti aku pakai loyang kue kering lebar. Siapkan terigu tambahan 50gr
Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
  • Taburi loyang/nampan/meja kerja dengan sedikit terigu, tuang semua adonan dalam baskom
  • Dengan tangan terbalur terigu mulailah menguleni adonan dengan ringan, karena adonan sangat lengket, sambil dibanting-banting. Setiap adonan terasa lengket balur lagi tangan dengan terigu, hingga terigu tambahan tersebut habis, proses ini memakan waktu sekitar 10 menit.
  • Adonan memang masih lengket dan jangan sekali-sekali tambah terigu lagi. Kemudian bulatkan adonan, letakkan diloyang kerja tesebut, tutup dengan serbet dan diamkan selama 1 jam
  • Setelah satu jam, kempiskan lagi adonan dan bagi-bagi dalam jumlah yang sama, langsung disusun diloyang. Loyang bisa dioles minyak bisa juga tidak. Loyangku tidak dioles apa-apa, adonan kubagi per 50gr, dapat 20 buah adonan. Diamkan lagi selama satu jam, tutup loyang dengan serbet. Ditahap ini adonan juga bisa diisi. Aku isi dengan coklat blok yang dipotong-potong. Lebih mudah dan rapi daripada pakai meses
  •  TIPS: Jika adonan sulit dipegang karena sangat lengket olesi tangan dengan minyak, maka akan lebih mudah, jangan pakai terigu karena kita tidak ingin menambah terigu dalam adonan
  • Panaskan oven dengan api sedang selama 10 menit jika pakai oven tangkring sepertiku, oven adonan roti selama kurleb 20 menit. Ada baiknya ketika sudah 15 menit periksa roti jika permukaannya sudah cokelat muda segera angkat. Mantapppp.. cobain deh insya Allah berhasil juga

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
diisi cokelat blok, mantapp

Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal
adonan ditambah susu kental manis dingin

Catatan:
  • Roti ini masih empuk walau sudah dingin
  • Taruh roti dalam toples tertutup agar tidak mudah kering
  • Setelah 2 hari lewat roti masih empuk tetapi menjadi agak kering
  • Kukus roti selama 5 menit maka roti akan menjadi empuk kembali
Resep asli dari Grup Fb Langsung Enak:

Roti Sobek Selembut Kapas
by. Shenny Suzanna
Resep
500 gr terigu cakra atau tali emas
1 sdt garam
100 gr gula kastor
3 sdm susu bubuk full cream
1 sdm ragi
1 butir telur
4 sdm shortening atau margarin
250 ml air es
3 sdm water roux

Buat water roux
50 gr terigu
250 ml air
Campur dan aduk rata, panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental, dinginkan.

Dough
Campur terigu gula susu dan garam aduk sampai rata.
Masukan ragi aduk rata.
Masukan 3 sdm water roux telur dan air uleni sampai jadi adonan kasar.
Masukan shortening, uleni sampai kalis elastis.

Bulatkan adonan taruh di mangkuk tutup dengan plastik wrap diamkan sampai ngembang dua kali lipat.
Kempiskan adonan
Uleni lagi sebentar
Kemudian timbang dan bentuk bulat susun di loyang diamkan lagi 30 menit
Pangnggang dengan api atas bawah suhu 180 dc

2 Responses to "Roti Ekonomis, Empuk, Cepat Menguleninya dan Anti Pegal"

  1. hai,mbak Ninit...
    Aku newbie di dunia baking nih, tp puji Tuhan 2x ini coba bikin roti dan donat selalu berhasil tanpa mixer roti tanpa ulenan tangan. Ya, aku pakai hand mixer rumahan,mbak. Awalnya ragu kuatir apakah kerja mixer nantinya gak terlalu berat. Tapi setelah Youtubing sana sini, browsing sana sini, didapatlah ilmu nguleni pakai hand mixer. Jadilah stick spiral hand mixer gak nganggur gitu aja. Hahaha...Caranya, set handmixer di kecepatan paling rendah, lalu jalankan handmixer tanpa perlu kita arahkan kemana jalannya stick spiralnya, jd tangan kita cuman sekedar megangin mixernya aja, gak usah kluar tenaga. Biarin aja spiralnya mo lari sana sini terserah dia deh. Paling2 wadahnya aja yg kita putar biar rata ulenannya. Berhasil kok,mbak. Hasil ulenan 15-20menit lumayan kalis, hasilnya jg ngembangnya bagus, besar,empuk. He3...dicoba aja,mbak.

    Leonie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Milo sarannya..dulu sudah pernah Mbak..yg ada miksernya bau2 gosong kayak kebabakar gtu..xixixi...sblm terjadi lbh parah sy hentikan..mngkin mikser sy yg payah banget yaa..mikser mark tiger warisan..wkwkwk..mbgkin kl pke Philips gtu oke Kali ya mbak

      Delete

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)