where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Sambel Tahu Woku

Sambel Tahu A la Mona



Sekitar 4 tahun yang lalu di rumah mertuaku suka ada seorang gadis tapi sudah menikah, piye toh gadis kok sudah menikah, hehe.. iya dia nih masih berumur 18 apa 19 tahun gitu, berasal dari Halmahera dan sudah menikah. Tinggal dikontrakan sebelah rumah mertuaku. Dia belum punya tv dan sering main ke rumah mertua. Anaknya rajin dan pintar masak, ibu mertua senang ada dia dirumah karena rumah jadi bersih, hehe..

Pada suatu weekend kami mudik ke rumah mertua yang jaraknya 2,5 jam dari Muara Badak. Pas melihat meja makan ada piring berisi beberapa ekor ikan layang berlumur sambal. Sambalnya terlihat kasar pertanda menguleknya tidak terlalu halus. Sekilas seperti bumbu balado biasa tapi waktu dicicip, wowww.. bedaaa.. rasanya enaaak karena bumbunya yang nendang dan sangat aromatik.

Ternyata yang masak Mona dan segera saja aku tanya bumbunya apa. Aku lupa dia jawab apa waktu itu, hehe.. tapi waktu kulihat mirip sama bumbu woku. Begitu sampai rumah langsung aku coba dan suka banget sama rasanya. Karena gak tahu ini namanya masakan apa maka kunamakan saja sambel tahu woku, hehe. Tapi kok gambarnya tahu bukan ikan.. yak karena adanya tahu, gak punya ikan, wkwkwkwk.. gak papa yang penting kan bumbunya, xixixi.. makasih ya Mona sudah memberi resep ini, semoga kamu sekarang sudah bahagia di manapun kamu berada.

sambel tahu woku
Sambal Tahu Woku
Resep by Mona

Bahan;
8 buah tahu, potong-potong, goreng matang
100 ml air
1 batang serai, digeprek
½ sdt garam atau sesuai selera
¼ sdt penyedap
2 sdm gula merah sisir atau sesuai selera
5 lembar daun jeruk, sobek-sobek tidak putus
1 genggam daun kemangi

Bumbu halus;
10 buah cabe merah / cabe keriting
10 butir bawang merah
3 cm kunyit
3 cm jahe
3 cm lengkuas—jika lengkuas tua cukup digeprek saja

Cara membuat;

  • Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk dengan 3 sdm minyak hingga harum dan benar-benar matang, beri air, garam, gula merah dan penyedap, masak hingga air mengering
  • Masukkan tahu goreng dan kemangi, aduk rata hingga tahu terbalut bumbu, jangan lupa koreksi rasanya sebelum diangkat.. hmmm nendang rasanya

0 Response to "Sambel Tahu Woku "

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)