where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Tahu Isi Pedas Istimewa

Tahu isi memegang peranan besar dalam perkembangan dan perjalanan hidupku. Gimana gak ngaruh, dari kecil aku sarapan tahu isi hampir setiap hari sebelum berangkat sekolah. Dan kalau pulang sekolah masih ada sisa tahu isi bekas pagi, pasti akan kuembat juga, huehuehue.. Tahu isi yang ku santap hampir setiap hari itu bikinannya mbah dan bude sebelah rumah. Yang sehari-hari memang berjualan sejenis warung kopi gitu. Untuk isi tahunya sebenarnya termasuk yang aku benci yaitu isi bihun. Tapi khusus produk beliau ini walaupun isinya bihun tapi aku tetap suka, karena kulit tepungnya yang superrr krispi dan awet renyah.

Aku sangat menikmati proses penarikan kulit tepung krispi dari tahunya hingga isi bihunnya terikut keluar. Perpaduan kriuknya tepung plus lembut dan gurihnya bihun bikin aku ambil, ambil dan ambil terusss gorengan selanjutnya. Sekarang ini tahu isi beliau sudah tidak ada lagi karena bude sudah meninggal lebih dari dua tahun lalu dan simbah sudah gak kuat jualan lagi. Sedangkan cucu-cucu beliau yang merupakan teman mainku sudah sukses dengan wirausahanya masing-masing. Padahal tiap mudik aku ketemu simbah tapi malu tanya resep, hehe..

Tapi setiap mudik ke Banjarbaru aku tetap makan tahu isi setiap pagi. Buatannya mbak Yuli. Mirip rasanya tapi memang beda ya karena tahu isi bude/simbah ada nilai nostalgianya. Yang paling membekas itu waktu aku kelas 3 SD. Pada suatu siang aku nongkrong di warung simbah sambil ngobrol sama alm. Mang Dadang, salah satu pekerja pabrik bapakku. Gaya banget yak ngobrol dan nongkrong wkwkwk.. entahlah apa yang kami obrolkan waktu itu yang jelas posisiku di depan berhadapan dengan segala jajanan. Singkat cerita habis ngobrol itu aku habis tahu isi 7 buah dan ku bayar pakai uang receh (info gak penting hoho).

Doeeeengggg.. entah siapa yang iseng menggosip (aku gak nuduh alm mang Dadang loh ;p) besok-besoknya tersebar berita sampai ke ortuku bahwa aku makan tahu isi habis 7 biji. Aku malu karena kisah itu terus diulang-ulang hingga bertahun-tahun, wkwkwk... Memangnya kenapa sih begitu aja kok ribut :p

Nah tahu isi yang kubikin kali ini spesial karena selain isinya orak arik sayuran juga nendang karena ditambah sambal terasi. Aku pakai sambel terasi ABC karena lagi banyak dirumah, dapat dikasih-kasih orang, hehe.. Hasilnya mantap banget.. Tahu isi spesial yang beda banget sensasinya. kali ini aku bukan cuma habis 7, tapi 2x7, hahaha.. ampun dah, pada kemana tu tahu kok gak kenyang-kenyang juga aku.

Isinya ini aja udah enak loh dicemilin, aku saja sampai tergoda untuk ambil nasi tapi trus berusaha menyadarkan diri banwa ini buat tahu isi :D. kalau ada yang tanya ini resep darimana, ini resep ngarang-ngarang dan tumben-tumbenan sukses, hahaha



Baiklah sebelum kalian menimpukku pakai sekilo keju karena kelamaan ngoceh mari kita cusss bikin tahu isi pedasnya..


Tahu Isi Pedas Istimewa

Bahan:
10 buah tahu pong, belah salah satu sisinya
1 bungkus sambal terasi instan (aku pakai merk ABC, bisa yang lain)
1 butir telur

Bahan sayuran:
¼ buah kol ukuran kecil, iris halus
½ buah wortel, serut
5 batang buncis, iris halus
1 genggam toge

Bumbu:
3 bawang putih, geprek, cincang halus
3 bawang merah, iris halus
1 batang bawang daun, iris halus
½ sdt garam
¼ sdt penyedap

Bahan pencelup:
5 sdm terigu
2 sdm tepung beras
½ sdt garam
¼ sdt penyedap
150 ml air

Cara Membuat:  
  • Tumis aneka bawang hingga wangi dengan 2 sdm minyak, Masukkan kol, wortel, dan buncis. Masak hingga layu. Api jangan besar agar sayuran keluar sendiri airnya hingga kita tak perlu menambahkan air
  • Masukkan toge garam dan penyedap dan sambal terasi, aduk rata
  • Masukkan telur mentah, aduk-aduk hingga rata dengan semua bahan dan matang, cicipi rasanya, dinginkan
  • Bagi 10 bahan isi, isikan kedalam tahu
  • Panaskan minyak goreng yang banyak
  • Aduk rata semua bahan pencelup
  • Celupkan tahu isi dan goreng hingga kuning keemasan
  • langsung santap tak perlu sambel lagi :D

0 Response to "Tahu Isi Pedas Istimewa"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)