where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Asam Pedas Daging dan Tahu



Resep istimewa nih temans.. amat sangat jarang ada di dapur tehninit, taraaa.. asem pedas daging dan tahu, teteuup ada tahunya. Bukan maniak tahu sih, tapi karena dagingnya Cuma 200 gr, dan 200 gr tu ternyata setelapak tangan aja, wkwkwk.. jadi ditambah tahu lah supaya bisa menuh-menuhin wajan. Kasian kau daging, temenan sama tahu ya, yang akur, wkwkwk..

Tiba-tida darii pojok sana ada yang protes,hei.. darimana kamu dapat daging..kucing siapa kamu culik… tenang..tenang.. ini daging halal kok, walaupun ini dapur low budget tak akan aku menodainya dengan makanan tak terpuji. Ini daging sisa lebaran kemaren yang udah hampir jadi fosil dikulkas, untung aja yang makan gak keracunan yak, malah bilang enak, wkwkwk... *ketjup abi*. 
Asam Pedas Daging dan Tahu

Awalnya aku sudah hamper lupa masih ada sisa daging dikulkas, apalagi keadaan freezer tertutup sama salju kulkas. Pas aku cairkan saljunya karena sudah tebal banget tampaklah bongkahan-bongkahan gakn jelas didasar freezer. Pas ku amati ternyata santan beku sama daging inih, xixixi… santan bekunya kubuang karena dah aneh bentuknya, dagingnya kutaruh di chiller dengan niat mulia akan segera memasaknya begitu agak cair. Tapi ternyata aku lupa sampai berminggu-minggu lamanya sampai abi bilang buruan dagingnya dimasak entar keburu jelek, hupsss.. langsung ngacir periksa daging dan bernapas lega ternyata dagingnya masih beku 80 persen.

Tanya abi mau dimasak apa.. apa yaaa.. katanya.. yaudah deh terserah aku aja.. wkwkwk… pas hari sebelumnya aku lihat postingan mbak Diah Didi Asem-asem daging wonogiri langsung terinspirasi. Pasti sedep ya dibikin asem pedes gitu dagingnya. Tapi malas lihat resep takut bahannya gak lengkap. Yasudahlah akhirnya aku putuskan bikin daging asam pedas dengan bahan-bahan yang ada aja.  Yang penting rasanya asem dan pedas, hohoho..

Karena aku pakai daging biasa jadi aku pakai nanas supaya dagingnya cepat empuk. Temans bisa pakai daging has jika ingin cepat empuk atau daging biasa kayak aku yang murah tapi gunakan nanas sebagai pengempuk. Kalau pengempuk yang lain seperti daun papaya atau soda kue aku belum membuktikannya sendiri. Berikut ini resepnya.. daging asam pedas ala-ala diriku. 

Asam Pedas Daging dan Tahu

Daging Asam Pedas Ala Tehninit

Bahan;
2 buah tahu, kira-kira 150 gr, potong kotak, goreng
200 gr daging sapi, iris tipis
5 potong nanas, potongannya seukuran satu suap kalau kita beli rujak, hehe
2 buah tomat, potong kecil-kecil
500 ml air
5 sdm air asam jawa, atau sesusi selera asam
1 sdt garam
2 sdm gula merah sisir
¼ sdt penyedap

Bumbu-Bumbu;
3 siung bawang putih dan 5 butir bawang merah diiris halus
5 buah cabe keriting, potong-potong bulat tipis
1 sdt kunyit bubuk
1 ruas jempol lengkuas, belah 2, geprek
1 batang serai, geprek

Cara Membuat;
  • Haluskan nanas,atau bisa juga diremas-remas sampai hancur jika nanasnya matang, balurkan ke potongan daging, diamkan di kulkas sekitar 30 menit
  • Tumis semua bumbu-bumbu sampai harum, masukkan daging beserta nanasnya, aduk-aduk hingga daging berubah warna dan air dari daging mengering
  • Masukkan air, tahu goreng, tomat, air asam jawa, gula merah, garam dan penyedap, didihkan
  • Setelah mendidih, tutup wajan, kecilkan api dan masak 20 menit menit hingga daging empuk dan bumbu meresap
  • Setelah 20 menit, cek rasanya, cek dagingnya, jika dieasa masih kurang empuk teruskan memasak dengan api kecil
  • Asem pedas daging ini paling enak dimasak malam hari untuk dimakan esok harinya, bumbunya lebih meresap


0 Response to "Asam Pedas Daging dan Tahu"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)