where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolu Pisang Kukus Lebih Sehat dan Simple (tanpa telur, tanpa mixer, tanpa minyak/magarin


Bolu Kukus Pisang Sehat dan Simple (tanpa telur, tanpa mixer, tanpa minyak/magarin


Lama juga nih gak posting, padahal banyak juga resep yang mau diposting. Gara-gara sakit bergantian aku dan anak-anak akhirnya keterusan sok sibuk sampai lupa posting. Baiklah hari ini kita mulai lagi postingan blognya. Semoga bisa rutin lagi gak bolong-bolong.


Resep ini ku dapat dari salah satu member MBM (muslimah belajar masak) yaitu mbak Rahimah Nur. Kata beliau itu resep ajaran dari mamahnya. Aku langsung pengen coba karena bolu pisang ini unik. Selain tanpa mixer, dia juga tanpa telur tanpa minyak/margarin. Wah jadi apa ya pikirku. Selain itu juga fotonya bikin penasaran karena hanya foto kue baru mateng dalam Loyang, belum dibelah.

Karena pengembang dalam kue ini hanya soda kue aku tanya ke mbak rahimah apa bisa diganti baking powder. Kata beliau sih bisa aja. Hari itu langsung aku coba 1/2 resep dengan pengembang baking powder. Hasilnyaaa... Hehehe.. Liat gitu, gak berasa makan bolu. Hmmm pasti ini karena kuganti soda kuenya pakai baking powder. Memang ada kue tertentu yang tidak masalah soda kue dan baking powder saling menggantikan, tapi ada juga yang gak bisa. Apalagi pisang ada asemnya kan, pasti akan bereaksi lebih baik dengan soda kue. Kalau mau pakai baking powder mungkin baru bagus kalau pakai yang double acting. Mungkin loh.. Aku belum coba juga, kemarin coba pakai baking powder biasa aja..

Nah, setelah kemarin aku bikin sesuai resep asli... Wowwww.. Mantaaapp.. Bolunya pecah dipermukaan karena aku pakai api kebesaran. Tapi rasanya mengejutkaaan.. Enaaakk.. Lembut, moist walau tanpa minyak, spongi, agak padat dan pulen..icip-icip gak sadar habis 1/2 loyang :(

Karena gak ada santan maupun susu jadi aku pakai susu kambing bubuknya anak-anak, huehehe..

Okeh..ini resepnya aku tulis yang aku pakai.. Nanti dibawah menyusul resep aslinya...

Bolu Kukus Pisang Sehat dan Simple (tanpa telur, tanpa mixer, tanpa minyak/magarin

Bolu Pisang Kukus Lebih sehat dan Simpel
Tanpa mixer, telur dan minyak/margarin

Bahan kering, diaduk jadi rata jadi satu (penting!):
200 gr terigu (400 ml)
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue, jangan diganti baking powder
50 gr (3 sdm munjung gula pasir)

Bahan basah:
4 buah pisang besar, matang, dilumatkan pakai garpu atau pantat gelas agar tidak terlalu halus. Bebas pakai pisang apa saja, aku pakai pisang susu
100 ml santan kental, bisa diganti pakai susu cair, aku pakai susu kambing bubuk yang dicairkan dengan air

Cara Membuat:
  • Panaskan kukusan
  • Olesi loyang dengan minyak tipis-tipis. Aku pakai loyang uk. 10x22x4
  • Campurkan bahan basah ke bahan kering, aduk hingga rata.
  • Pengadukan jangan terlalu kuat atau terlalu lama, nanti kue bisa bantat. Cukup aduk ringan hingga semua tercampur rata
  • Masukkan dalam loyang yang telah disiapkan
  • Kukus dalam dandang mendidih selama 25 menit dengan api sedang cenderung kecil
  • Jika dandang bertutup rata/tidak cekung, jangan lupa lapisi tutupnya dengan serbet agar uap air tidak menetes ke atas kue

Resep Asli
By Rahimah Nur, Grup MBM

Bahan;
Pisang Raja atau ambon 8 bj besar (ana pake raja lbh harum)                                                 
Gula  pasir 200 gram                                                  
Terigu 400 gram                                                            
Santan kental tanpa campuran air 200 ml                                                  
Garam 1/2 sdt                                                                 
Soda Kue 1 sdt                                                              

Cara Membuat                                                                   
  • Haluskan Pisang dan Gula memakai Gelas    (digerus) tdk diblender agar tdk terlalu halus.    
  • Campur santal kental,garam dan soda kue aduk lalu saring masukkan ke dlm adonan pisang, stelah tercampur rata masukan tepung terigu sambil diaduk hingga tercampur rata
  • Kukus di Kukusan yg sdh dipanaskan dan ditutupnya dialasi serbet
  • Masak sampai matang. Jgn lupa tes tingkat kematangannya dgn tusuk gigi
  • Slamat Mencoba^^

0 Response to "Bolu Pisang Kukus Lebih Sehat dan Simple (tanpa telur, tanpa mixer, tanpa minyak/magarin"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)