where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Semur Jengkol Kering Pedas

Semur Jengkol Kering Pedas


Gara-gara adikku pas malam-malam kirim BBM foto jengkol masak kecap. Langsung terngiler-ngiler. Jengkol masak kecap menu biasa dikeluargaku. Terdiri dari jengkol yang sedang tuanya di belah 4 bagian, goreng setengah kering, kemudian masukkan dalam tumisan bawang merah, putih, cabe dan kecap. Rasanya mantep.. pedas gurih sedap khas jengkol. Dicemilin juga enak banget. Besoknya langsung cuss ke warung dan Alhamdulillah nemu jengkol yang pas tuanya. Beli ½ kg aja, 10 rb.

Tapi langsung kepikiran gak pengen jengkolnya digoreng, ngurang-ngurangin minyak gitu, akhirnya terinspirasi dari empal jengkol yang jengkolnya direbus dan di tutukin dulu. Jadilah resep semur ini. Tadinya mau dijadikan semur pedas biasa, yang nyemek-nyemek gitu kan sedep. Tapi pas masak jengkolnya ada teman datang, ngobrol-ngobrol gak sadar sudah berapa menit, begitu ditengok eh sudah mengering kuahnya, untung aja gak gosong, ya sudahlah gak papa.. anggap aja menemukan resep jengkol baru, semur kering deh jadinya, hehe..

Resep semur jengkol kering ini bumbunya hampir sama saja kayak empal jengkol resep sebelumnya hanya saja ditambahin kecap dan no santan. Sedep dan enaaak banget loh ini, kebanyakan sih aku cemilin aja sendirian, soalnya suami gak doyan, xixixi..

Semur Jengkol Kering Pedas

Semur Jengkol Kering
 resep oleh Tehninit

Bahan;
1/2 kg jengkol, kira-kira 35 biji, belah 2, rendam semalaman, rebus selama 1 jam dengan api kecil. Dalam keadaan hangat pukul-pukul hingga pipih, sisihkan--- Akan lebih cepat jika pakai panci presto
2 sdm bawang goreng untuk taburan--- aku bikin sendiri dari 5 butir besar bawang merah

500 ml air
7 sdm kecap manis, sesuaikan selera
1 sdt garam
1/4 sdt penyedap rasa

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
7 buah cabe keriting
3 cm jahe
Kunyit bubuk 1 sdt
Ketumbar bubuk 1 sdt
Merica bubuk 1/2 sdt
seiris kecil pala,


Cara Membuat:
  • Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga wangi dan matang
  • Tuang air, masukkan kecap, garam, penyedap dan  jengkol, didihkan
  • Tutup wajan, kecilkan api, masak 20 menit hingga kuah menyusut dan mengental, atau keringkan jika suka tanpa kuah
  • Cicipi rasanya, taburi bawang goreng, angkat dan sajikan
Tips;
  • Jika ingin bumbunya terlihat lebih banyak, mlekoh dan gurih  tambahkan kemiri dibumbu halus sekitar 5 butir atau lebih sesuai selera
  • Semur jengkol ini sama juga dengan Empal jengkol adalah masakan yang semakin lama diinapkan semakin enak dan meresap bumbunya seperti rawon. Ada baiknya masak sore atau malam hari jika ingin disajikan esok harinya

0 Response to "Semur Jengkol Kering Pedas"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)