where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bakpao Lembut Pertamaku, Lebih Sehat Tanpa Margarin



Bakpao Lembut Pertamaku, Lebih Sehat Tanpa Margarin

Alhamdulillah wasyukurillah akhirnyaaaa bisa bikin bakpao.. Gak penasaran lagi deh. Dahuluuu sekali waktu aku masih coba-coba segala resep donat dan roti pernah nyempil juga nyoba bakpao. Entah resep dari mana. Yang jelas gak jelas rasanya. Hehehe.. Nah setelah beberapa bulan ini lumayan sudah lancar bikin donat dan roti aku kepikiran bikin bakpao. Gak mau ribet-ribet mikir resep aku coba pakai resep donat andalanku saja  yang empuk walau tanpa telur. Hanya saja margarin ku ganti minyak goreng atau zaitun agar warna bakpao putih cantik.

Tadinya juga bingung gimana ngukusnya satu-satu terpisah kayak bakpao biasa, eh terus dapat ide gimana kalau disusun diloyang aja kayak roti. Sah-sah saja kan, dapurku inih, wkwkwk..daaannn..alhamdulillah kayak bakpao hehe.. Bakpao ini walau bahan ekonomis tapi tekstur lembut, dan sedikit chewy alias agakliat khas bakpao karena tanpa telur, pas banget deh pokoknya.

Selain itu juga lebih sehat karena pakai minyak zaitun. Oke ini dia resep bakpao lebih mudahan diuleni karena pakai metode biang.

Bakpao Lembut Pertamaku, Lebih Sehat Tanpa Margarin

Bakpao Ekonomis, Lembut dan Lebih Sehat
tanpa telur dan margarin

Bahan biang:
250 gr terigu
300 ml air
100 gr gula pasir
1/2 bungkus (6 gr ragi instan)

Cara membuat biang:
Campur semua bahan biang, aduk rata, tutup serbet dan diamkan selama 1 jam, bisa 45 menit. tapi jangan lebih dari 1 jam nanti asem

Bahan lainnya:
250 gr terigu, sisakan 5 sdm untuk menguleni
5 sdm maizena
3 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
50 ml minyak goreng /minyak zaitun

Bahan Isi: cokelat blok potong-potong sesuai selera

Cara Membuat Bakpao:
Campurkan semua bahan lainnya kedalam biang (yang sudah mengembang), aduk hingga rata menggunakan tangan

Siapkan tempat menguleni, bisa pakai loyang, aku pakai nampan plastik besar

Taburkan sedikit terigu dinampan/loyang ( menggunakan terigu yang tadi disisihkan)
Tuang semua adonan, taburi sedikit terigu sambil diuleni

Uleni selama 15 sampai 20 menit (cara menguleni seperti kita mengucek cucian pakai tangan) taburi terigu jika lengket hingga terigu habis
Jika masih lengket, jangan tambah terigu, banting-banting saja adonanya

Bentuk adonan sesuai selera, beri Isi, tata diloyang, tutup serbet, diamkan 30 menit hingga mengembang

Didihkan kukusan, kukus bakpao 15 menit dengan api sedang

Catatan: jika pakai dandang biasa (tutupnya datar) jangan lupa lapisi tutup kukusan dengan serbet supaya uap air tidak menetes

donat dan roti goreng dari adonan bakpao
iseng sebagian aku goreng, enak loh,, yah jadi gak sehat deh, hehe    

0 Response to "Bakpao Lembut Pertamaku, Lebih Sehat Tanpa Margarin"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)