where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Bolu Keju Empuk Tanpa Telur Tanpa Mikser

Bolu Keju Empuk Tanpa Telur Tanpa Mikser

Kumaaaat deh hobiku.. Yup gak tahan kalau ada resep na no na no.. Tertantang aja gitu, apa bisa resep tanpa ini itu bisa seenak dengan yang bahan mainstream? mana kita tau kalau gak nyoba khan? Cieeeh sok bijak, bilang aja hemat.. Iya juga sih kan telor satu lepek Isi 30 disini sekitar 50 ribuan. Paling murah 49 ribu. Sayang kalau cuma buat eksperimenku, mending dimakan buat lauk anak, hohoho
 
Resep ini terinspirasi dari resep sebelumnya. yaitu cake cokelat hemat lezat a la Jenny Jones dan versi kukusnya KLIK DISINI. Perubahan yang aku buat hanya mengganti cokelat bubuk dengan keju parut. Hasilnya benar-benar mengezutkan. Gak bakalan ngira deh kalau ini gak pake telor kecuali dibisikin, xixixi

Bolu Keju Empuk Tanpa Telur Tanpa Mikser

Bolu Keju Simpel Banget dan Empuk
(No Telur, No Margarin/Butter, No Susu, No Mixer. No Oven)

Persiapan:
Panaskan dandang
Olesi loyang dengan minyak goreng tipis-tipis (aku pakai loyang bulat diameter 15 cm)

Alat takar yang dipakai timbangan atau gelas bervolume 200 ml (lebih kecil dari gelas belimbing ya)

Dalam baskom kecil siapkan bahan kering:
1,5 gelas terigu (150 gr), aku pakai terigu curah di warung
3 sdm munjung gula pasir (50 gr), kalau suka manis boleh ditambah sendiri jadi 5 sdm
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue, jika bergerindil ayak dulu soda kuenya, jangan diganti baking powder ya
1/4 blok keju parut (sekitar 40 sampai 50 gr)

Dalam mangkok campur semua bahan basah sbb:
1 gelas air matang biasa (200 ml)
1 sdm air jeruk nipis atau lemon, aku pakai 1 buah jeruk nipis ukuran kecil
6 sdm minyak goreng, bisa pakai canola atau zaitun biar lebih sehat

Olesan sesuai selera bisa selai blurberi, stroberi, cheese spread dll. Aku  oles pakai keju quickmelt KW yang kelembekan, hehe..Mayan lah mirip cheese spread. Untuk taburannya keju parut secukupnya

Bolu Keju Empuk Tanpa Telur Tanpa Mikser


Cara membuat:
Aduk rata semua bahan kering
Aduk rata semua bahan basah
Tuang semua bahan basah ke bahan kering
Aduk rata dengan sendok hingga rata. Jangan kelamaan ngaduk nanti bisa bantat
Tuang ke loyang, kukus dengan api sedang selama 20 menit

Setelah matang, keluarkan dari kukusan, diamkan sekitar 10 menit. Permukaan kue terlihat seperti basah tapi setelah 10 menitan akan kering sendiri, setelah 10 menit keluarkan dari loyang

Olesi permukaannya dengan bahan olesan sesuai selera, taburi keju parut

Bisa juga kue dibelah dua, olesi tengahnya dengan bahan olesan sesuai selera, tumpuk, baru permukaan atasnya di oles lagi dst.. Selamat mencoba semoga berhasil..






0 Response to "Bolu Keju Empuk Tanpa Telur Tanpa Mikser"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)