where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Capcay A la Warung Favorit

Capcay A la Warung Favorit
Awal-awal aku pinda ke Muara Badak sini ada warung nasgor yang menyediakan menu capcay beda dari yang lain. Aku tahu karena hampir semua menu capcay diwarung di seputar kampung baru aku cobain. Rata-rata capcaynya berwarna kecokelatan karena pakai kecap entah asin atau manis ditambah dengan sesuatu 'bumbu rahasia' dalam botol-botol di yang ada dihadapan sang koki. Lebih aneh lagi karena didalam capcaynya diceburkan 1 buah telor mata sapi, xixixixi.. suatu kreasi yang patut kita apresiasi., capcay a la Muara Badak, hohoho.

Nah, kalau penjual favoritku ini beda, capcaynya komplit seperti dimajalah-majalah, pakai wortel, kembang kol, dll, yang mana kembang kol jarang dipake penjual capcay sini karena harganya mahal. Kuahnya bukan kecokelatan tapi oranye karena pakai saos tomat manis. Aku sampai beberapa kali mengamati betul-betul cara si penjualnya bikin kalau-kalau ada 'bumbu rahasia' nya, dan ternyata memang tidak ada. 

Bumbu yang beliau gunakan adalah, bawang putih halus, bawang daun iris, saos tomat, masako rasa sapi, dan sedikit garam dan gula, gak pakai merica. Sedangkan isiannya selain sayuran ada 2 buah sosis, 3 biji bakso kecil-kecil, jumlah bakso ini gak tentu, satu buah ati ampela goreng yang udah diiris-iris, dan 1 butir telur rebus. Terakhir kuahnya yang banyak itu dikentalkan sedikit dengan larutan maizena. Jadi citarasa capcaynya manis gurih dan ringan, dan aku sukaaaa banget. 

Satu bungkus itu kalau ditaroh di mangkok-mangkok bakso tu mungkin sekitar 3 mangkok. Banyak banget dan memang harganya paling beda. Kalau warung lain rata-rata 10 ribu, paling mahal 11 ribu, kalau ini 15 ribu, wowwww.. harga segini untuk ukuran tahun 2008-2011 ya termasuk muahaaall

Sekarang aku gak tahu lagi berapa harganya karena gak mau lagi beli gara-gara dulu pakleknya ngupas wortelnya gak bersih, jadi masih item-item gitu kulit wortelnya hikzzz.. gak selalu begitu sih, tapi mungkin pas waktu itu beliau khilaf, huehuehue..

Capcay A la Warung Favorit

Karena udah lama sekali gak makan capcay model warung favoritku itu akhirnya beberapa hari lalu aku niat banget bikin. Dimulai dengan perasaan shock karena harga kembang kol 25 rebu sebiji, gak gede-gede amad, hwakzzzz... Tapi ya aku merasa harus beli karena aku sudah lama gak makan capcay, lagi pula apalah artinya capcay tanpa kembang kol kan.. hohoho.. Pas juga dikulkas ada saos tomat homemade yang aku bikin dari tomat-tomat sisa hasil tetangga panen. Klop banget deh... rasanya miripsss syekaleee.. walaupun bahannya terbatas seperti difoto. 

Aku kurang suka sama saos tomat diwarung karena yang manis itu bau cengkeh..sedangkan saos tomat bungkusan yang buat bakso-bakso pinggir atau tukang-tukang nasgor pinggir  jalan itukan mengerikan. Walaupun dulu sempat beli tapi jadi serem sendiri.

Setelah aku menulis panjang lebar gini mungkin yang baca pada gemes mana resepnyaaaaa.... sambil gigit-gigit hape wkwkwk.. okeee kali ini resep kira-kira saja namanya juga hanya oseng-oseng pasti semua udah pada tau khaaannn...

Capcay A la Warung Favorit
Sayurannya, kembang kol, wortel, sawi putih atau kol. Bisa juga pakai sawi atau buncis, aku gak pakai\
Bahan tambahannya bisa bakso, sosis, telur rebus maupun ati ampela yanng sudah matang direbua ataupun goreng
Bumbunya bawang putih cincang, bawang daun yang diiris-iris, kaldu bubuk rasa sapi atau sesuai selera, saos tomat dan merica bubuk jika mau, aslinya gak pakai merica
Cara Membuat
Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan bawang dau dan wortel, beri air hingga terendam, masak hingga wortel 1/2 matang, masukkan semua sisa sayuran, beri saos tomat,bahan tambahannya dan bumbu lainnya seperti kaldu bubuk, garam, gula dan merica, masak lagi hingga mendidih dan semua bahan matang. Cicipi rasanya, terakhir kentalkan dengan sedikit larutan maizena atau tapioka sesuai kekentalan yang diinginkan. Selamat makaaaaannn

0 Response to "Capcay A la Warung Favorit"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)