where budget cannot stop you to have fun in the kitchen

Kering Tempe Kacang Udang Rebon Tanpa di Goreng


Kering Tempe Kacang Udang Rebon Tanpa di Goreng

Suatu hari aku lihat sebuah postingan di grup yang bikin aku terngiler-ngiler yaitu kering tempe kacang dan teri. Ini salah satu makanan favoritku dan mamaku suka bikin ini dulu yang selalin enak buat lauk juga asik buat dicemilin, huehuehue.. Karena lagi hati-hati sama kolesterol jadi mikir apa bisa ya gak digoreng, masa dioven, setelah mikir sana sini akhirnya aku coba diovennya pakai wajan teflon bertutup, maksudnya biar praktis aja karena males angkat otang dan lagi biar lebih mudah mengecek kematangannya kalau pakai wajan, tinggal dibuka saja tutupnya.

Tak ada teri udang rebon pun jadi. Hasilnyaaaaa taraaaa... bisa krispiiiii.. baik tempe, kacang maupun udang rebonnya krispi bahkan sampai seminggu tentunya sambil dimasukin kulkas ya biar gak mudah berjamur dan. Minyak tetap digunakan sekitar 2 sdm untuk menumis bumbunya. Pokoknya kalau sudah berbaur dengan bumbu gak ada bedanya ini digoreng apa dioven. Dari pengalaman ini poin pentingnya menurutku adalah;

Pertama, tempe, kacang dan rebonnya di oven dengan api kecil sambil sesekali di aduk-aduk agar matang merata dan betul-betul matang. Mengoven bisa dioven biasa atau seperti aku di wajan anti lengket bertutup
Kedua, bumbunya harus dimasak sampai kental dan tanak sebelum dicampur dengan semua bahan 

Bagi yang ingin mencoba aku pakai resep suka-suka yaitu;
100 gr tempe, diiris tipis memanjang, seperti biasa buat kering tempe
100 gr kacang tanah
50 gr udang rebon
Masing-masing bahan tersebut dioven hingga matang. Mengoven bisa dioven biasa atau seperti aku di wajan anti lengket bertutup dengan api kecil sambil sesekali di aduk-aduk agar matang merata dan betul-betul matang. Nanti dia akan krispi. Untuk bumbunya aku gunakan sama seperti bumbu kering tempe a la mamaku KLIK DISINI. 

Selamat mengurangi kolesterol ;]

0 Response to "Kering Tempe Kacang Udang Rebon Tanpa di Goreng"

Boleh Copy Paste tapi wajib cantumkan sumbernya dan jika berkenan berikan backlink ke www.tehninit.com.Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat :-)